SUARA INDONESIA

Tahapan Pemilu di Tetapkan, KPU Jombang Lakukan Sosialisasi ke Pemilih Pemula

Gono Dwi Santoso - 16 June 2022 | 16:06
Peristiwa Daerah Tahapan  Pemilu di Tetapkan, KPU Jombang Lakukan Sosialisasi ke Pemilih Pemula

JOMBANG - Pemilihan Umum serentak tahun 2024 yang telah ditetapkan oleh Komisi pemilihan Umum Republik Indonesia jatuh pada Tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Komisi pemilihan umum kabupaten Jombang melakukan sosialisasi ke pemilih pemula.

Dimana sosialisasi ini, bertujuan agar pemilih pemula nantinya tidak golput. Mereka mengunakan hak pilihnya pada pemilu legislatif dan presiden di tahun 2024 mendatang.

Pemilu kali ini menjadi ajang dimana rakyat dapat memilih langsung para calon pemimpin yang dianggap pantas dan mampu memimpin negara tercinta ini baik di legislatif maupun di eksekutif.

Untuk itulah KPU kabupaten Jombang melakukan sosialisasi pentingnya peran pendidikan pemilih pemula menjadi perhatian penuh dalam rangka melaksanakan pendidikan pemilih berkelanjutan, kegiatan ini dilaksanakan terus menerus baik dalam tahapan maupun dalam non tahapan pemilu.

Dikonfirmasi terpisah, Rita Darmawati Anggota KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke pemilih pemula di SMA 1 Jombang, pertama pasca peluncuran tahapan pemilu 2024.

"Pemilihan umum merupakan sarana demokrasi bagi masyarakat untuk memilih pemimpin dan wakil-wakil rakyat. Maka gunakanlah hak pilihmu dengan baik dan bertanggungjawab jangan golput,” terangnya saat dikomfirmasi oleh beberapa media, Kamis (16/6/2022).

Rita menambahkan, dalam acara sosialisasi kemarin pihaknha juga mengajak pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilu.

Sekedar mengingat kembali jumlah pemilih pemula pada pemilu 2019 mencapai belasan ribu di Kabupaten Jombang, tepatnya sejumlah 16.682 pemilih.

“Jangan apatis pada Pemilu, masa depan negeri ini berada ditangan generasi muda. Disanalah nasib bangsa ini ditentukan dengan partisipasi masyarakat” lanjut Rita.

Menurutny, para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan sampai akhir. Bahkan, beberapa diantaranya menyampaikan pertanyaan dan pendapatnya tentang pemilu yang dilaksanakan di Indonesia, meskipun mereka belum pernah menggunakan hak pilih sebelumnya.

Acara diakhiri dengan mengenalkan media sosial milik KPU Jombang, game seru dan doorprise yang diberikan oleh tim KPU Jombang.

“Mari bersama-sama kita sukseskan pemilu serentak tahun 2024, jangan golput," pungkas Rita Anggota KPU perempuan tersebut.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya