SUARA INDONESIA

Verval DTKS Hingga Pelosok Desa, Pemkab Jember Gaet Mahasiswa KKN Kolaboratif

Wildan Mukhlishah Sy - 04 August 2022 | 08:08
Peristiwa Daerah Verval DTKS Hingga Pelosok Desa, Pemkab Jember Gaet Mahasiswa KKN Kolaboratif

JEMBER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bersamaa Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif yang terdiri dari 13 perguruan tinggi se-Jember, melahirkan salah satu program kerja utamanya, yakni pendataan dan verval Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Program tersebut rencananya akan dilakukan di seluruh pelosok desa yang ada di Jember, termasuk di dalamnya Desa Kramat Sukoharjo, Kecamatan Tanggul. 

Salah seorang perangkat Desa Kramat Sukoharjo Misnadin mengatakan, terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan dalam menjalankan program tersebut. Seperti, verval secara langsung ke lapangan untuk melihat kondisi yang sebenarnya. 

Dirinya menyatakan harapannya atas dilangsungkannya kegiatan kolaborasi tersebut adalah, DTKS benar-benar bisa tepat sasaran, antara yang layak dan tidak untuk mendapatkan bantuan. 

"Semoga bisa tepat sasaran," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (3/7/2022). 

Rekap data DTKS saat ini diketahui menggunakan aplikasi dengan nama yang sama yaitu DTKS, dimana di dalam aplikasi tersebut berisi rincian parameter yang digunakan dalam memverval DTKS. 

Aplikasi DTKS hanya dapat diakses oleh mahasiswa KKN-Kolaboratif dan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) masing-masing. 

Sebelumnya, Pemkab Jember menyebut, mahasiswa KKN-Kolaboratif sebagai enumiator bisa dimonitoring dari jauh dalam pendataan DTKS yang ada di berbagai desa, khususnya Desa Kramat Sukoarjo dan aplikasi DTKS dapat diterapkan secara berkelanjutan.  

Dengan demikian hal tersebut dinilai dapat mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Jember. 

"Dikarenakan realita yang terjadi sebelumnya, bantuan yang diterima oleh masyarakat yang tergolong membutuhkan ekonomi masih terjadi kesenjangan dan tidak tepat sasaran," lanjutnya.

Lebih jauh dirinya berharap, agenda tersebut dapat terlaksana dengan baik dan membawa manfaat yang besar bagi semua pihak, baik masyarakat, pemerintah maupun mahasiswa KKN Kolaboratif.

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya