SUARA INDONESIA

Begini Tradisi Pencita Alam di Jombang Peringati Hari Kemerdekaan RI 77

Gono Dwi Santoso - 18 August 2022 | 15:08 - Dibaca 814 kali
Peristiwa Daerah Begini Tradisi Pencita Alam di Jombang Peringati Hari Kemerdekaan RI 77
Longmarch dimulai dari Dusun Dampak Desa Panglungan membawa bendera merah putih ke puncak gunung matahari desa panglungan Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, (17/08/2022).

SUARA INDONESIA - Pecinta Alam Kabupaten Jumbang menggelar upacara di gunung mata haritelah menjadi tradisi yang sering dilaksanakan setiap tahun.

Mereka bergerak mengibarkan bendera sepanjang 100 meter atas inisiatif pribadi dan dilanjutkan dengan upacara bendera merah putih di gunung matahari di Desa panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang Jawa Timur, Rabu (17/08/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada bertepatan momen 17 Agustus.

Para peserta mengarak bendera merah putih ke puncak bukit, juga ada upacara pengibaran bendera merah putih sebanyak 77 buah.

Kegitan itu sebagai bentuk peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Cuplis salah satu panitia acara upacara bendera menjelaskan, acara itu diikuti oleh sebanyak 300 peserta mengikuti acara tersebut.

Mereka berasal dari berbagai organisasi pecinta alam serta lembaga organisasi lain.

" Longmarch dimulai dari Dusun Dampak Desa Panglungan. Bendera merah putih yang sudah diberi penyangga dipegang oleh peserta, kemudian mereka berjalan bersama menuju bukit matahari yang berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi acara upacara bendera," tambahnya.

Cuplis menambahkan, meski jalan yang dilalui agak menanjak ke bukit, namun hal itu tidak mengurangi rasa semangat para peserta pecinta alam.

Rasa lelah peserta kirab terbayar sudah saat tiba di bukit matahari tempat upacara bendera berlangsung.

" Bendera-bendera ditancapkan di sepanjang bukti itu. Begitu pula dengan bendera merah putih sepanjang 100 meter itu. Membentang panjang seolah memagari bukit yang ada di lereng Pegunungan Anjasmoro," tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan upacara peringatan kemerdekaan. Peserta berbaris berjajar rapi. Nampak pula anak-anak pelajar dari desa setempat. Bertindak sebagai komandan upacara, Lilik dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) setempat, sedangkan inspektur upacara adalah Pekik Sudarmono dari Dinas Kehutanan. Upacara bendera tersebut berlangsung khidmat sampai saat selesai.

Setelah selesai upacara, dilakukan kegiatan penanaman pohon di sekitar lokasi.

Jumlahnya sebanyak peserta 77 orang sesuai dengan ulang tahun kemerdekaan.

 "Sekitar 300 orang mengikuti upacara kemerdekaan di bukit matahari. Kami juga melakukan penanaman pohon. Ini sebagai bentuk mensyukuri nikmat kemerdekaan," kata Cuplis, Rabu (17/08/2022).

Cuplis mengatakan, kemarin sebelum acara, tim panitia sudah berada di lokasi pada Selasa (16/8/2022).

Tujuannya mereka menyiapkan lokasi yang hendak digunakan untuk upacara.


* Nah, Rabu pagi, peserta mengarak bendera sepanjang 100 meter. Tentu saja, jalur menuju bukit matahari berubah menjadi nuansa merah putih," imbuhnya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini. Tentunya juga untuk pemerintah desa Panglungan Wonosalam," tambahnya.

Cuplis menambahkan, kesuksesan acara ini tidak luput dari bantuan semua pihak yang terlibat , di antaranya, Aktivis Peduli Lingkungan Jombang, Team Paser, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungngan Hidup Jombang, MPA Trisula Undar Jombang, Unair Surabaya, Perangkat Desa Panglungan, siswa-siswi MI dan MAN terdekat, Team Solidaritas, Team Srikandi, serta Team Keluarga Cemara Surabaya.

 " Sekali lagi kami atas nama panitia, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan atas terselenggaranya acara ini awal hingga akhir berjalan lancar tanpa kendala," tukasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV