SUARA INDONESIA

Ganjar Lantik Pengurus Kagama Jember dan Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 28 August 2022 | 14:08
Peristiwa Daerah Ganjar Lantik Pengurus Kagama Jember dan Banyuwangi

BANYUWANGI - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir langsung melantik Pengurus Cabang Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Jember dan Banyuwangi.

Pelantikan Pengurus Cabang Kagama dua kabupaten itu, berlangsung di Warung Sentongsongo, Banyuwangi, Minggu, 28 Agustus 2022.

Kedatangan Ganjar yang juga sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama ini, disambut dengan meriah. Ia secara simbolis dipakaikan udeng (penutup kepala) khas masyarakat Osing, suku asli Banyuwangi.

Ganjar pun kepincut dengan udeng khas Banyuwangi itu. Kekagumannya langsung terobati seketika.

"Udeng nya ini bagus. Terima kasih ya," ucap Ganjar didampingi Ketua Kagama Jawa Timur, Arif Afandi, yang juga mendapatkan udeng khas Banyuwangi.

Tidak hanya udeng mereka juga mendapatkan hadiah syal batik khas Banyuwangi.

Ganjar berpesan kepada pengurus yang dilantik agar bisa guyub dan bisa bermanfaat untuk bangsa dan negara.

"Jadi yang penting bisa guyub, kedua migunani. Guyub itu rukun dulu diantara kita, migunani itu bermanfaat. Maka manfaatnya untuk bangsa dan negara, masyarakat serta kemanusiaan," ungkap Ganjar.

Sehingga, lanjutnya, pelantikan Pengurus Cabang Kagama Banyuwangi dan Jember untuk bisa membantu masyarakat dan pemerintahan setempat.

"Masyarakat Osing di sini dengan seni dan budaya nya yang luar biasa. Kembangkan dong, dulu yang kuliah sastra siapa, kembangkan," pinta Ganjar.

"Kemudian ada kuliner, destinasi wisata, UMKM, ekonomi kreatif, banyak sekali. Kalau setiap kepengurusan bisa melakukan itu, kemandirian bisa terwujud dan Kagama mendampingi," tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Pelantikan Pengurus Kagama Banyuwangi dan Jember, Andit Ardianto mengatakan, pihaknya memang sudah menyiapkan udeng dan syal untuk Ganjar Pranowo dan Arif Afandi.

"Memang sudah kita siapkan untuk beliau berdua. Alhamdulillah beliau suka," jelas owner warung Sentongsongo ini, singkat.

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV