SUARA INDONESIA

Lomba Panjat Pinang Meriahkan HUT Gerindra ke-15 di Situbondo

Syamsuri - 05 February 2023 | 18:02 - Dibaca 1.83k kali
Peristiwa Daerah Lomba Panjat Pinang Meriahkan HUT Gerindra ke-15 di Situbondo
Keseruan lomba panjat pinang dalam rangka memeriahkan HUT Gerindra ke-15 di Situbondo, Minggu (6/2/2023). (Syamsuri/suaraindonesia.co.id).

SITUBONDO - Ratusan masyarakat Kelurahan Dawuhan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo, memadati sepanjang aliran sungai di wilayah setempat, Minggu (6/2/2023).

Mereka berduyun-duyun hanya untuk menyaksikan keseruan lomba panjat pinang dalam rangka memeriahkan HUT Partai Gerindra ke-15.

Peserta secara kelompok yang terdiri dari 6 orang itu terlihat bahu-membahu menaiki sebatang pohon pinang yang telah dikupas dan ditanam kuat di dasar sungai. Mereka bersemangat untuk meraih berbagai hadian yang disematkan di ujung pohon.

Bukan hal mudah untuk menggapai hadian itu. Mereka harus bekerjasama menaiki batang pohon pinang yang telah dilumuri minyak pelumas. Keseruan tampak pecah dari penonton setelah peserta hampir sampai ke puncak, namun terjatuh karena licin.

Butuh waktu cukup lama hingga mereka kemudian berhasil mendapatkan hadiah setelah menyelesaikan setiap rintangan demi rintangan.

Di tengah keseruan lomba panjat pinang ini, terlihat Wakil Ketua DPRD Situbondo dari Partai Gerindra, Jainur Ridho ikut menyaksikan. Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa panjat pinang merupakan salah satu permainan yang sering dilombakan ketika ada perayaan hari-hari besar nasional.

Panjat pinang, lanjutnya, memiliki filosofi mengajarkan bagaimana berjuang dan bekerja sama untuk meraih cita-cita. Kecerdikan dan saling menopang, di antara sesama peserta sangat dibutuhkan. Terlebih diantara kelompok harus kompak dan juga harus bisa menyingkirkan ego pribadi untuk menguasai seluruh hadiah.

Jainur Ridho juga kagum dengan semangat dan kerja sama tim yang dilakukan oleh peserta. Menurutnya, kekompakan itu sangat perlu ditanamkan dalam diri pemuda untuk pembangunan Situbondo yang lebih baik ke depan.

"Meskipun nilai hadiah yang disediakan tidak seberapa, namun para peserta tetap semangat berjuang bersama dengan kompak untuk meraih hadiah. Lewat wadah ini, kami harap kekompakan para pemuda terus dijaga untuk Situbondo lebih maju kedepannya," tambahnya. 

Disisi lain, Jainur Ridho mengajak seluruh masyarakat Situbondo berjuang bersama Gerinda untuk cita-cita besar kabupaten berjuluk Kota Santri ini. Perjuangan itu, ia mengibaratkan seperti lomba panjat pinang tersebut.

"Kalau diibaratkan pejuang, peserta panjat pinang ini berjuang untuk meraih cita-cita demi mencapai tujuan bersama," katanya. 

Menurutnya, para pejuang dulu sangat gigih dan telah berdarah-darah demi kemerdekaan Indonesia. Sehingga patut dijaga dan isi kemerdekaan dengan semangat membangun negeri.

"Mari kita isi kemerdekaan ini, berjuang bersama membangun negeri untuk kesejahteraan masyarakat, Bergerak Bersama Bangkitkan Indonesia Raya," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV