SUARA INDONESIA

Ribuan Warga Antusias Ikuti Tumpengan Manggis di Wonosalam Jombang 

Gono Dwi Santoso - 19 February 2023 | 20:02 - Dibaca 1.58k kali
Peristiwa Daerah Ribuan Warga Antusias Ikuti Tumpengan Manggis di Wonosalam Jombang 
Ribuan masyarakat antusias ikuti event tumpeng manggis raksasa yang ada di lapangan desa Jarak,kecamatan wonosalam, kabupaten Jombang, Minggu (19/02/2023).

JOMBANG – Ribuan masyarakat datangi acara tumpengan manggis di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang yang di adakan di lapangan desa Jarak dengan merebut kan 2.023 manggis yang disediakan panitia untuk di rebutan secara gratis untuk warga yang datang , Minggu (19/02/2023).

Pantauan di lokasi Ribuan warga dari berbagai daerah sangat antusias mendatangi acara tumpengan manggis yang merupakan salah satu acara dari kendurian wonosalam yang akan di laksanakan pada 5 Maret 2023.

Kegiatan tumpengan manggis ini, mula -  mula  diawali dengan peserta melakukan kirab 14 tumpeng berukuran kecil dari Balai Desa Jarak menuju lapangan utama. 14 tumpeng manggis itu dijadikan satu dengan tumpeng raksasa yang berisi 2.023 manggis di lapangan Desa Jarak.

Kegiatan dihadiri Wabup Sumrambah, kepala OPD terkait, Forpimcam Wonosalam dan seluruh elemen Desa Jarak dan ribuan masyarakat sudah berbondong-bondong mendatangi acara tumpeng manggis yang di adakan desa Jarak kecamatan wonosalam kabupaten Jombang.

Dikonfirmasi terkait event tumpeng manggis Kepala Desa Jarak Agus Darminto mengatakan, tumpengan manggis sudah digelar selama tiga kali sejak 2017. ”Tumpengan manggis kita gelar sebagai wujud rasa syukur kita kepala Allah SWT atas melimpahnya panen manggis di Desa Jarak,’’ terangnya.

Seluruh manggis yang di buat acara tumpengan itu adalah dari hasil bumi di desa kami Desa Jarak. Sebanyak 2.023 manggis disusun dalam tumpeng besar dengan tinggi sekitar enam meter menjulang tinggi dan di berikan kepada masyarakat yang hadir di acara.

Sedangkan, ada 14 tumpeng kecil dari sumbangan tujuh dusun diantaranya Dusun Jarak Krajan, Dusun Anjasmoro, Dusun Sungkul, Jarak Kebun, Tegalrejo dan Dusun Sarangan dan Jarak Tegal dan sejumlah lembaga pendidikan diwilayah Desa Jarak. 

”Kami juga menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepala seluruh elemen dan pihak terkait yang turut mensukseskan acara tumpengan manggis Desa Jarak ini ,’’ tandasnya. 

Sejak satu bulan lalu, manggis asli Jarak juga sudah tembus pasar ekspor yakni ke Selandia Baru, dan Hongkong. Bahkan harga jual tembus Rp 42 ribu per kilogram. ”Alhamdulillah ini harga tertinggi, sebab sebelumnya harganya hanya Rp 7 ribu sampai 13 ribu per kg,’’ pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV