SUARA INDONESIA

Jembatan Penghubung Jombang-Nganjuk Putus Akibat Hujan Deras

Gono Dwi Santoso - 22 February 2023 | 13:02 - Dibaca 1.45k kali
Peristiwa Daerah Jembatan Penghubung Jombang-Nganjuk Putus Akibat Hujan Deras
Curah hujan tinggi,jembatan penghubung antar kabupaten Jombang dan Nganjuk putus di desa Pojoklitih kecamatan Plandaan dan Desa Pule Kecamatan Jatikalen kabupaten Nganjuk, Rabu (22/02/2023).

JOMBANG - Akibat hujan deras, jembatan penghubung antara dusun tanggungan, Desa Pojoklitih, Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang dan Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk ini putus akibat derasnya hujan semalam,  Selasa (21/02/2023).

Meskipun jembatan penghubung putus, warga masih bisa melewati jembatan yang sudah di buat pemdes Pojoklitih jauh jauh hari sebelum putusnya jembatan.Jadi masyarakat masih bisa melewati jembatan penghubung alternatif dengan menggunakan sepeda motor melalui jembatan penghubung alternatif.

Dikonfirmasi via selulernya terkait jembatan penghubung yang putus , kepala desa Pojoklitih, Siti Roaini menceritakan kepada media pada saat itu ,hujan turun deras melanda desanya. Sekitar pukul 18.00 .Wib sampai dengan pukul 22.00 wib dan sudah hujan reda sekitar pukul 22.00.Wib.

"Dengan insiden tersebut jembatan penghubung antar kabupaten Nganjuk dan kabupaten Jombang di desa Pojoklitih dan Desa Pule putus masih bisa lewat jembatan darurat," terangnya kepada media Rabu (22/02/2023).

Siti menambahkan, untuk jembatan penghubung utama tersebut, rencananya pada tahun ini (2023) akan dilakukan perbaikan mengingat kondisi jembatannya sendiri juga sudah sangat membahayakan dan layak untuk dilakukan perbaikan.D

"Dengan adanya kejadian ini Pemerintah Desa hari ini sudah membuat laporan agar pembangunan jembatan tersebut bisa dipercepat pengerjaannya," terangnya.

Siti mengatakan, untuk saat ini upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa bersama Forkopincam Kecamatan Plandaan serta tenaga dari Koramil serta Polsek Plandaan sedang melakukan kerja bakti untuk membuatkan jembatan darurat di sebelah utara jembatan yang putus "Agar akses warga dalam melaksanakan aktifitas tetap bisa berjalan," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah Camat Plandaan Suparno menjelaskan, Jembatan yang putus itu adalah jembatan penghubung antar desa dan kabupaten yaitu desa Pule kecamatan Jatikalen Kabupaten Ngajuk dan desa Pojok Klitih Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang.

"Sebelum adanya kejadian jembatan penghubung putus, beberapa waktu yang lalu dari pemdes Klitih bersama Camat dan Dinas PUPR sudah meninjau langsung lokasi jembatan," terangnya.

Suparno menambahkan terkait jembatan tersebut adalah kewenangan dari Pemerintah Daerah maka atas adanya kejadian putusnya jembatan penghubung tersebut, Selaku Camat langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan, sekaligus melakukan koordinasi dengan Dinas terkait.

"Diharapkan kepada masyarakat yang berada di desa Pule Kecamatan Jatikalen untuk segera melakukan perbaikan jembatan yang merupakan akses jalan penghubung sekaligus akses kelancaran roda perkonomian antar desa dan kabupaten tersebut ,"pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV