SUARA INDONESIA

Sinergitas BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak dan Pengusaha Jasa Konstruksi

Redaksi - 13 March 2023 | 18:03 - Dibaca 909 kali
Peristiwa Daerah Sinergitas BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak dan Pengusaha Jasa Konstruksi
BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak saat sosialisasi ke para pengusaha jasa konstruksi di Batu, Sabtu (11/3/2023)

BATU - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak melakukan sosialisasi ke para pengusaha jasa konstruksi di sela Acara Gathering yang diadakan di Batu Suki Hotel, Batu, Sabtu (11/3/2023) kemarin. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak, Theresia Wahyu Dianti, mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman tentang manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan pada mereka.

Diungkapkan, para pemberi kerja di bidang jasa konstruksi itu beda karakter dengan para pemberi kerja sektor lainnya. 

Terkait hak dan kewajiban jaminan sosial ketenagakerjaan, lanjut dia, pengusaha jasa konstruksi justru banyak yang tidak faham akan haknya.

“Untuk kewajiban mereka umumnya sudah patuh, karena kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dipersyaratkan bagi mereka untuk mengerjakan proyek. Tapi, justru tentang hak perlindungan jaminan sosial mereka malah banyak yang tidak faham, meski kewajiban sudah mereka patuhi," ujar Theresia.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut sebagai sarana supaya pengusaha jasa konstruksi bisa lebih paham mengenai manfaat BPJS Ketenagakerjaan. 

"Namun demikian, satu hal yang perlu menjadi perhatian pengusaha jasa konstruksi, yakni kewajiban melakukan pembayaran iuran kepesertaan sebelum proyek mulai dikerjakan," ucap Theresia.

Ditegaskan, perlindungan pada para pekerja sangatlah penting, mengingat potensi resiko pekerja jasa konstruksi sangat tinggi. Meskipun yang dikerjakan proyek swasta, pekerjanya seharusnya juga terlindungi asuransi tenaga kerja.

"Saya berharap bukan proyek-proyek pemerintah saja yang didaftarkan jasa konstruksinya, tapi juga proyek-proyek swasta yang mereka kerjakan," tandasnya. 

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak berkomitmen memberikan kemudahan bagi para pesertanya, khususnya pengusaha jasa konstruksi.

"Kita berikan kemudahan bagi mereka. Kita jemput bola. Pendaftaran juga bisa lewat media online, terus kwitansi kita antarkan ke pihak pengusahanya. Pasti kita berikan kemudahan pada mereka," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV