SUARA INDONESIA

Pemuda Tani Sumenep: Pupuk Langka Kok Malah Diselundupkan

Wildan Mukhlishah Sy - 18 March 2023 | 09:03 - Dibaca 995 kali
Peristiwa Daerah Pemuda Tani Sumenep: Pupuk Langka Kok Malah Diselundupkan
Para petani yang sedang berada di sawah. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

SUMENEP- Kasus penyelundupan pupuk bersubsidi di Kabupaten Sumenep, yang mencapai hingga 18 ton, saat ini tengah mendapatkan atensi yang cukup serius dari seluruh lapisan masyarakat, tak luput juga para pemudan yang turut menggeluti dunia pertanian.

Salah seorang Pemuda Tani Sumenep Safwan mengungkapkan, bahwa dirinya sangat menyayangkan dengan permasalahan yang terjadi.

Padahal, saat ini petani yang ada di Sumenep sering kali mengalami kelangkaan pupuk, namun masih ada oknum yang dengan tega menyelundupkan pupuk bersubisidi dan akan mengirimnya ke luar Sumenep.

“saya sangat menyayangkan, petani kita sering sekali mengalami kelangkaan pupuk. Pupuk sering langka, kok malah diselundupkan,” ungkapnya, saat dikonfirmasi oleh suaraindonesia.co.id, Jum’at (17/3/2023).

Ia menilai, dengan adanya pengungkapan kasus tersebut, seolah menjawab persoalan yang kerap dipertanyakan oleh masyarakat, tentang alasan mengapa ketersediaan pupuk bersubsidi tidak dapat memenuhi kebutuhan petani setempat.

Menurutnya, hal itu sangat merugikan para petani di Kabupaten Sumenep, yang telah membanting tulang untuk bekerja di sawah, demi menghasilkan komuditi-komuditi pertanian yang berkualitas.

“Ini seolah menjawab kenapa terjadi kelangkaan pupuk, jelas sangat merugikan petani kita. Sudah banting tulang, malah dihadapkan dengan masalah seperti ini,” lanjutnya.

Dirinya juga mendesak, agar aparat penegak hukum dapat memberikan tindakan tegas bagi para pelaku, serta tidak membiarkan kasus penyimpangan tersebut berlarut-larut, dengan mempertimbangkan nasib para petani Sumenep.

“Tolong segera ditindak tegas, diusut siapa pelakunya dan jangan dibiarkan berlarut-larut. Sekali lagi, kasihan petani kita,” tandasnya.

Sekedar diinfomasikan, saat ini Polres Sumenep tengah melakukan pengembangan penyelidikan mengenai kasus tersebut. Polisi juga, sedang melakukan pencarian kepada satu orang buron dengan inisial W, yang diduga sebagai otak dari penyelundupan pupuk bersubsidi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV