SUARA INDONESIA

Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 59, Lapas Ngawi Pamerkan Produk Karya Narapidana

Ari Hermawan - 30 March 2023 | 20:03 - Dibaca 830 kali
Peristiwa Daerah Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 59, Lapas Ngawi Pamerkan Produk Karya Narapidana
Gowim Mahali Kalapas Kelas llB Ngawi saat pamerkan produk karya warga binaan, Kamis (30/3/2023). Foto: Ari Hermawan/suaraindonesia.co.id)

NGAWI - Dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke 59, melalui Program One Day, One Prison's Product. Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas llB Kabupaten Ngawi menggelar pameran hasil produk karya narapidana.

Kepala Lapas Kelas llB Kabupaten Ngawi Gowim Mahali mengatakan, program yang dimulai sejak tanggal 23 Maret hingga berakhir pada 2 Mei 2023 itu merupakan program Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur.

"Program ini serentak dilaksanakan di seluruh lapas yang ada di Jatim. Untuk di Ngawi kami pamerkan hasil produk karya narapidana, dan ini dijual, bagi masyarakat Ngawi yang ingin membeli, bisa langsung datang di depan halaman kantor lapas," ujar Gowim Mahali, Kamis (30/3/2023).

Lanjut Gowim Mahali, produk karya narapidana yang dipamerkan dan dijual bervariasi. Diantaranya kategori makanan ada roti, keripik, sambel pecel, dan ada juga kategori non makanan adalah kerajinan tangan terbuat dari kayu dan bahan bekas.

"Program ini sekaligus menjadi ajang pengenalam produk karya warga binaan. Untuk membeli produk hasil karya binaan silakan datang di halaman lapas. Kualitas bisa bersaing dengan produk yang ada di pasaran," ucap Gowim Mahali.

Selain itu, Gowim Mahali juga berharap program ini dapat meningkatkan pendapatan bagi warga binaan, serta perolehan Peneriman Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari penjualan produk.

"Produk yang terjual akan menghasilkan PNPB untuk negara, ada juga sebagian untuk warga binaan yang pada saat mereka bebas akan diberikan dan bisa untuk modal usaha," pungkas Gowim Mahali.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV