SUARA INDONESIA

Sapi Milik Warga Situbondo ini Juarai Kontes Ternak yang Digelar Pemkab, Bobotnya 1 ton 56 kilo

Syamsuri - 31 May 2023 | 20:05 - Dibaca 1.30k kali
Peristiwa Daerah Sapi Milik Warga Situbondo ini Juarai Kontes Ternak yang Digelar Pemkab, Bobotnya 1 ton 56 kilo
Bupati Situbondo Saat Foto Bersama Pemilik Sapi di Acara Kontes Ternak (Foto : istimewa)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Sapi bernama Barong, milik H. Aji Zakiya warga Situbondo, Jawa Timur berhasil meraih juara satu pada kontes ternak tahun 2023 yang digelar oleh Pemkab Situbondo katagori kereman ekstrem, Rabu (31/05/2023). Sapi jenis limosin tersebut memiliki bobot 1 ton 56 kilogram. 

Menurut H. Aji Zakiya, Barong sudah tiga kali mengikuti kontes ternak. Pertama kontes ternak di Jember meraih juara harapan lima katagori calon kereman. Kemudian juara satu kontes sapi di Pasar Sabtuan, Sumberkolak katagori calon kereman dan juara satu kontes ternak di Situbondo kelas kereman ekstrem. 

Pria asal Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus ini menyampaikan, Barong pernah terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK), namun tak lama kemudian sembuh. 

"Ya pernah kenak PMK hampir empat bulanan. Alhamdulillah bisa sembuh, sehingga bisa ikut kontes ternak lagi," ungkapnya. 

Kabid Pembibitan, Pakan dan Produksi Peternakan pada Dinas Peternakan Pemprov Jawa Timur, Kusdiarto mengatakan, Kabupaten Situbondo merupakan salah satu Kabupaten di Jatim yang pertama kali menggelar kontes ternak pasca wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Provinsi Jawa Timur. 

"Situbondo yang pertama menggelar kontes ternak. Karena Situbondo merasa ini sudah zero (bebas -red) wabah PMK, tapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya usai menghadiri acara kontes ternak tahun 2023 di Alun-alun Besuki, Situbondo, Rabu (31/5/2023). 

Kusdiarto melanjutkan, tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk menggugah semangat peternak sapi dan domba yang terpuruk dengan adanya wabah PMK. Dengan begitu, kesejahteraan para peternak bisa meningkat. 

"Adanya kontes ini harapannya para peternak bisa move on dengan penyakit PMK. Sehingga peternakan di Situbondo bisa lebih bagus lagi," imbuhnya. 

Menurut Kusdiarto, semua sapi dan domba yang mengikuti kontes ternak di Situbondo ini sudah divaksin PMK. "Sehingga mereka bisa kebal terhadap virus PMK. Sebagaimana kita kebal terhadap virus Covid-19," tegasnya. 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menegaskan, kontes ternak bakal menjadi agenda rutin Pemkab Situbondo. Kabupaten Situbondo juga siap apabila ditunjuk Pemprov Jawa Timur menjadi tuan rumah kontes ternak tingkat provinsi. 

"Kita sudah zero PMK. Dan bila nanti Pemprov Jatim mengadakan kontes ternak tingkat provinsi bisa ditaruh di Situbondo, kontes ternak akan kami gelar di Situbondo setiap tahunnya, ini demi meningkatkan kesejahteraan peternakan sapi dan domba," ucapnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV