SUARA INDONESIA

Dermaga Dungkek dan Giliyang Diharap Mampu Dongkrak Berbagai Sektor di Kepulauan 

Wildan Mukhlishah Sy - 04 July 2023 | 16:07 - Dibaca 621 kali
Peristiwa Daerah Dermaga Dungkek dan Giliyang Diharap Mampu Dongkrak Berbagai Sektor di Kepulauan 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat peresmian Dermaga Dungkek dan Giliyang. (Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id).

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Dermaga Dungkek dan Giliyang Kabupaten Sumenep diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (04/07/2023).

Dermaga Dungkek dan Giliyang diharapkan mampu mendongkrak berbagai sektor, khususnya di wilayah kepulauan Sumenep.

Khofifah menjelaskan, dengan adanya Dermaga Dungkek dan Giliyang, maka perahu pengangkut barang atau penumpang dari berbagai pulau di Kabupaten Sumenep, dapat bersandar dengan baik, bahkan saat kondisi air laut sedang surut sekalipun. 

Menurutnya, hal itu tentu sangat mempengaruhi lancarnya akses transportasi laut masyarakat sekitar. Sehingga diharapakan mampu meningkatkan beragam sektor mulai dari perekonomian, wisata, hingga pendidikan di wilayah setempat. 

Kendati demikian, untuk memaksimalkan tercapainya tujuan tersebut, Gubernur Jatim mengingatkan bahwa optimalisasi akses transportasi harus diiringi dengan pengikatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di setiap daerah. 

"Dengan begitu akses ekonomi masyarakat kepulauan akan semakin luas. Sekarang tinggal bagaimana meningkatkan kualitas SDM, untuk mengembangkan potensi di setiap daerah," jelasnya di hadapan media. 

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi melalui Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah menjelaskan, Pelabuhan Dungkek memang tersambung dengan sejumlah pulau yang ada di Kabupaten Sumenep, seperti Sapeken, Raas, Sapudi, Arjasa dan beberapa lainnya. 

Menurutnya, distribusi barang dari berbagai pulau tersebut juga terbilang cukup padat. Sehingga membutuhkan adanya akses transportasi dan dermaga yang mempuni. 

"Kami berterimakasih kepada ibu Gubernur, karena dengan adanya dermaga ini diharapkan mampu meningkatkan geliat ekonomi, wisata dan pendidikan di wilayah Kepulauan," tandasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV