SUARA INDONESIA

Bertambah Lagi, Sudah 4 Jemaah Haji asal Banyuwangi Meninggal di Tanah Suci

Muhammad Nurul Yaqin - 10 July 2023 | 17:07 - Dibaca 925 kali
Peristiwa Daerah Bertambah Lagi, Sudah 4 Jemaah Haji asal Banyuwangi Meninggal di Tanah Suci
Ilustrasi jemaah haji. (Foto: Pixabay/dinar_aulia).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyuwangi menginformasikan hingga saat ini tercatat sudah ada 4 jemaah haji asal Banyuwangi meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Banyuwangi, Zaenal Abidin mengatakan, terbaru ada satu anggota jemaah haji yang meninggal dunia di Mekkah. 

Jemaah tersebut tercatat atas nama Samak Rasmadin Abdullah (90) dari Kloter 62-SUB. Warga Dusun Karajan, Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi ini wafat pada Sabtu (08/07/2023) pukul 14.08 waktu Arab Saudi.

"Beliau wafat di RS King Abdullah Makkah, diagnosis medis meninggalnya dikarenakan sakit jantung," kata Zaenal saat dikonfirmasi, Senin (10/07/2023).

Setelah meninggalnya satu anggota jemaah haji asal Banyuwangi ini, lanjut dia, maka total yang berpulang menjadi empat orang.

Tiga jemaah haji sebelumnya masing-masing adalah Mutmainah (55) asal Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Jemirin (83) asal Desa Bagorejo, Kecamatan Srono, dan Suwarto Haye Mutaram (60), asal Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo.

Berdasarkan laporan petugas haji, Mutmainah meninggal saat di Maktab, sepulang dari melempar Jumrah di Mina pada Minggu (02/07/2023) sekira pukul 21.00 waktu setempat.

Jemaah haji Jemirin, meninggal dunia pada Senin (03/07/2023) malam waktu Arab Saudi, juga usai melempar Jumroh di Mina.

Sementara Suwarto Haye Mutaram, meninggal pada Kamis (06/07/2023) di Hotel 701 Tara Raudhah sekitar pukul 08.05 waktu Arab Saudi dengan keluhan sesak nafas.

"Ketiga jemaah yang wafat tersebut tergabung dalam rombongan jemaah haji kloter 63-SUB," jelasya.

Jenazah keempat jamaah haji ini tidak dipulangkan ke tanah air, melainkan dimakamkan di tempat pemakaman umum yang berada di Mekkah.

Zaenal menyampaikan belasungkawa kepada keluarga anggota jemaah haji yang meninggal dan mendoakan agar Allah SWT mengampuni dosa-dosanya menempatkan para jemaah di dalam surga.

"Kami keluarga besar Kemenag Banyuwangi turut berduka. Semoga diampuni dosa-dosanya, diterima semua amal kebaikannya dan husnul khotimah,” ungkap dia.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV