SUARA INDONESIA

Listrik Sering Padam, Alat Penting Medis RSUD Mohammad Zyn Sampang Rusak

Hoirur Rosikin - 13 July 2023 | 18:07 - Dibaca 1.07k kali
Peristiwa Daerah Listrik Sering Padam, Alat Penting Medis RSUD Mohammad Zyn Sampang Rusak
Tampak depan RSUD Mohammad Zyn Kabupaten Sampang. (Foto: Hoirur Rosikin/Suaraindonesia.co.id).

SAMPANG, Suaraindonesia.co.id - Pemadaman listrik secara tiba-tiba di Kabupaten Sampang berdampak terhadap rusaknya sejumlah alat medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mohammad Zyn.

Direktur RSUD Mohammad Zyn dr. Agus Ahmadi, mengatakan banyak alat-alat penting di rumah sakit rusak karena seringnya pemadaman listrik. Bahkan hal itu juga berdampak pada hilangnya data penting administrasi.

"Komputer sering nge-blank, data-data adminitrasi sering hilang tanpa sebab. Yang terpenting alat di ruang operasi, alat-alat di ruang Intencive Care Unit (ICU), monitor jantung, ventilator, defibrillator, selang makanan, infus dan lainnya yang berhubungan dengan nyawa pasien," terangnya kepada Suaraindonesia.co.id, Kamis (13/07/2023).

Agus Ahmadi meminta PLN agar lebih memperhatikan jaringan listrik di rumah sakit dan Puskesmas di tingkat Kecamatan se-Kabupaten Sampang. Sebab, area tersebut merupakan tempat yang paling penting, sehingga membutuhkan jaringan listrik normal.

Sementara, itu, petugas Bagian Penunjang Perlengkapan RSUD Mohammad Zyn, Masudi Prihanto menyatakan pihaknya secara maksimal telah mempersiapkan alat-alat pembantu listrik, jika terjadi pemadaman cecara tiba-tiba. Namun tetap belum bisa mengatasinya.

Seperti alat UPS yang dapat memberikan energi listrik sementara, ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama. Hampir semua alat kesehatan di rumah sakit tersebut telah dilengkapi dengan UPS dan 3 mesin diesel. Namun hal itu tak banyak membantu.

"Kami sudah kehilangan satu unit mesin diesel karena rusak terbakar, akibat seringnya pemadaman yang terjadi pada bulan-bulan kemarin. katanya sedang ada perbaikan (maintenance) dari pihak PLN," jelasnya.

Manajer ULP PLN Sampang, Fahriza Arif Amrullah menjelaskan, jika terjadi padaman listrik, area rumah sakit pasti diprioritaskan. Karena rumah sakit adalah objek vital yang harus diutamakan dalam pelayanan.

"Kami berjanji akan segera berkoordinasi dengan pihak RSUD Mohammad Zyn Sampang, dengan Dirut dokter Agus Ahmadi. Supaya ke depannya bisa bersinergi demi keamanan dan keselamatan terhadap pasein," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV