SUARA INDONESIA

KKB Papua Bakar Bangunan Sekolah SMAN 1 Ilaga Papua

Mustakim Ali - 18 August 2023 | 08:08 - Dibaca 751 kali
Peristiwa KKB Papua Bakar Bangunan Sekolah SMAN 1 Ilaga Papua
Tampak bangun perpustakaan SMAN 1 Ilaga yang sedang terbakar akibat ulah KKB. (Foto: Humas Polda Papua untuk suaraindonesia.co.id)

PAPUA, Suaraindonesia.co.id  - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Titus Murib, kembali di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Kelompok Titus Murib yang juga dikenal sebagai KKB Kepala Air itu, diduga melakukan aksi pembakaran yang menghanguskan bangunan Perpustakaan SMA N 1 Ilaga.

Pemkabaran filakukan saat momentum Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Kamis (17/08/2023) kemarin.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, membenarkan kejadian tersebut. dijelaskanya kejadian ini berlangsung pada pukul 13.28 WIT di SMA N 1 Ilaga, KKampung Ago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Bangunan Perpustakaan SMA N 1 Ilaga hangus terbakar akibat aksi pembakaran yang dilakukan oleh Kelompok KKB pimpinan Titus Murib (KKB Kepala Air)," ungkapnya. 

Ia menjelaskan, kabar tentang kebakaran tersebut pertama kali diterima oleh personel Satgas Kopasgat Yonko 468/Sarotama Pos 25 Bandara Aminggaru, melalui saluran komunikasi Channel HT Jajaran TNI-Polri Ilaga, asap tebal terlihat berasal dari bangunan kompleks sekolah Ilaga.

Aparat keamanan gabungan TNI/Polri segera meluncur menggunakan 2 unit kendaraan roda empat jenis Rantis dan Truk menuju lokasi kejadian. Sesampainya di SMA N 1 Ilaga, aparatur tersebut langsung melakukan penyisiran.

"Aparat sempat diganggu oleh bunyi tembakan pistol yang terdengar berasal dari arah belakang SMA N 1 Ilaga, walaupun sempat melakukan tembakan balasan, namun aparat keamanan gabungan TNI-Polri tidak melakukan pengejaran dikarenakan hal tersebut diindikasi merupakan pancingan dari Kelompok KKB," terangnya.

Paska bangunan Perpustakaan SMA N 1 Ilaga telah menjadi korban aksi pembakaran, situasi wilayah masih tetap diawasi dengan ketat oleh seluruh aparat keamanan TNI-Polri. Mereka berada dalam status Siaga 1, siap mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan yang mungkin dilakukan kembali oleh KKB.

Dalam penjelasannya, Kabid Humas Polda Papua menyatakan bahwa aksi pembakaran ini diduga sebagai upaya KKB untuk mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Puncak. Tindakan tersebut dilakukan pada saat momentum peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia.

Tidak hanya mengawasi situasi secara aktif, aarat keamanan TNI-Polri juga telah melaksanakan tindakan pencegahan. Mereka berupaya mencegah aksi gangguan keamanan susulan yang mungkin dilakukan oleh Kelompok KKB Puncak, dengan tujuan melindungi keamanan personel dan aset negara.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV