SUARA INDONESIA

Kebakaran Lahan Kilang Tuban Berhasil Dipadamkan

Irqam - 05 September 2023 | 08:09 - Dibaca 2.39k kali
Peristiwa Kebakaran Lahan Kilang Tuban Berhasil Dipadamkan
Petugas Pemadam Kebakaran berhasil memadamkan kebakaran lahan Kilang Tuban di Desa Sumurgeneg, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, (Foto: Irqam/Suaraindonesia.co.id)

TUBAN, Suaraindonesia.co.id - Kebakaran lahan proyek New Grass Root Refinery (NGRR) atau Kilang Tuban berhasil dipadamkan. Saat ini, petugas pemadam kebakaran masih melakukan upaya pembahasan untuk mencegah munculnya titik api baru.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban mengatakan api yang lahan Kilang Tuban berhasil dipadamkan pada Selasa (05/09/2023) sekitar pukul 04.30 WIB. 

"Alhamdulillah pagi ini api sudah bisa kita padamkan. Saat ini masih terus dilakukan pembasahan" terang Gunadi.

Gunadi menyebut, pada pukul 22.00 WIB sebanyak 16 mobil Damkar, yakni dari 6 mobil milik Satpol PP dan Damkar, 2 TPPI, 2 PT. Pertamina, 1 PJB, 1 SBI, 2 Desa Socorejo, dan 2 BPBD Tuban disiagakan.

Kemudian mendapat tambahan 2 mobil Damkar milik PT Pertamina dari Surabaya dan Boyolali untuk membantu pemadaman api. "Kita mendapat tambahan 2 armada dari Surabaya dan Boyolali," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Jenu, Polres Tuban, Iptu Rianto menyatakan luas lahan Kilang Tuban yang terbakar sekitar 155 hektar. Ia menyebut, kebakaran tersebut diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

"Kejadian kebakaran di lahan kosong milik Grass Root Refinery ini diduga api berasal dari puntung rokok milik ODGJ yang setiap harinya standby di area lahan," kata Iptu Rianto, Selasa (05/09/2023).

Rianto memastikan tidak ada korban jiwa atau luka akibat peristiwa kebakaran lahan Kilang Tuban yang berada di wilayah Desa Sumurgeneg, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Sedangkan kerugian diperkirakan mencapai Rp 75 miliar.

"Kayu jati terbakar. Dengan kerugian kurang lebih Rp 50 miliar sampai dengan Rp 75 miliar," ungkap mantan Kapolsek Tuban Kota ini.

Dia menjelaskan, lahan terbakar diketahui sekitar pukul 12.00 WIB, saat anggota keamanan Kilang Tuban melaksanakan patroli. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Jenu dan diteruskan Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Tuban.

"Sebelum pemadam datang api dipadamkan dengan alat seadanya, api di pukul-pukul dengan kayu agar api tidak melebar atau membesar," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV