SUARA INDONESIA

Berlibur ke Banyuwangi, Coba Keseruan Bermain Kano di Pantai Cacalan Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 24 December 2023 | 11:12 - Dibaca 2.74k kali
Peristiwa Berlibur ke Banyuwangi, Coba Keseruan Bermain Kano di Pantai Cacalan Banyuwangi
Keseruan wisatawan saat bermain kano di Pantai Cacalan Banyuwangi. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Bingung mau kemana saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)? nah jika kalian ke Banyuwangi, bisa mampir ke Pantai Cacalan.

Berada di Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Pantai satu ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan patut dikunjungi.

Tidak hanya memanjakan mata dengan pemandangan laut yang memukau, pantai ini juga menawarkan pengalaman unik bermain kano.

Area permainan perahu kano, berada di rawa dangkal masih di kawasan Pantai Cacalan. Cukup bayar Rp 10 ribu, pengunjung bisa mencoba mengendarai kano berkeliling rawa.

Sensasi menyusuri rawa dengan kano yang dikelilingi pohon bakau ini, memberikan pengalaman yang tak terlupakan. 

Pengunjung juga bisa merasakan sentuhan angin lembut sambil menikmati panorama laut biru kehijauan yang menghadap langsung ke selat Bali.

Satu kano bisa ditumpangi oleh maksimal 1 dewasa dan 1 anak-anak. Saat akhir pekan atau hari libur, permainan kano menjadi daya tarik utama bagi anak-anak. Cocok banget jadi tempat destinasi favorit keluarga.

“Setidaknya ada 11 fasilitas kano yang kami sediakan untuk memanjakan para wisatawan,” kata Humas Pokdarwis Pantai Cacalan, Budiyono, Minggu (24/12/2023).

Tak hanya itu, selain bermain kano para pengunjung bisa mencoba menaiki perahu wisata yang disediakan pengelola. Cukup Rp 20 ribu saja, pengunjung sudah bisa mengelilingi keindahan Pantai Cacalan.

Pengunjung tidak perlu membawa terlalu banyak perbekalan dan tikar pribadi ke Pantai Cacalan. Karena pengelola juga sudah menyediakan pondok khusus untuk bersantai. 

Pengunjung bisa memesan makanan maupun minuman dengan harga terjangkau di warung-warung sekitar. Mulai ikan bakar, ayam geprek, betutu, nasi pecel, nasi rawon, dan lainnya.

Setelah puas menikmati pantai dan berkeliling, bermain pasir dan juga berjalan-jalan mengitari pantai, pengunjung bisa beristirahat sambil rebahan namun masih dengan suasana lepas pantai.

Karena kini di pinggir pantai telah berjejer beberapa tempat kursi teduh dengan payung yang melindungi kulit dari sinar matahari.

Pantai ini memang paling enak dibuat untuk bersantai, sembari menikmati air kelapa muda di pinggir pantai, saat cuaca panas. 

Ditambah tersedia live music mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB untuk menghibur para pengunjung, membuat liburan di akhir pekan kian sempurna.

“Seluruh fasilitas memang kita cukupi semuanya untuk kebutuhan para pengunjung. Toilet, musala, dan keperluan dasar lainnya tersedia disini,” tambah Budi.

Pantai Cacalan hanya berjarak sekitar 10 menit dari pusat kota. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Tiket masuk juga sangat terjangkau dan ramah kantong. Budi menyebut, khusus selama libur Nataru harganya cuma Rp 7.500 per orang. Selepas itu, harga kembali normal di Rp 5.000.

Sepekan terakhir menjelang libur Nataru, pergerakan peningkatan wisatawan ke pantai ini sudah terlihat. Akhir pekan, pengunjung bisa mencapai ribuan. Sedangkan hari biasa, kurang lebih sekitar 500 pengunjung.

“Libur Nataru ini kami prediksi semakin meningkat. Pokdarwis semua sudah mempersiapkan dengan matang. Termasuk keamanan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Cacalan,” tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV