SUARA INDONESIA

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Malang, Akibat Aktivitas Subduksi

Aditya Mahatva Yodha - 13 August 2024 | 11:08 - Dibaca 1.14k kali
Peristiwa Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Malang, Akibat Aktivitas Subduksi
Ilustrasi titik gempa. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, MALANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa, (13/8/2024) pukul 10.03 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter Magnitudo 4,9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9.18 LS dan 112.59 BT, atau tepatnya berlokasi 115 kilometer tenggara Kabupaten Malang, pada kedalaman 57 kilometer.

“Gempa  memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya aktivitas subduksi,” ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates Malang, Ma'muri kepada Suaraindonesia.co.id , Selasa (13/8/2024).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Malang, Blitar, Jember dan Lumajang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pungkas Ma'muri.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya Mahatva Yodha
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV