SUARA INDONESIA

Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Kabupaten Malang, 54 Rumah Dilaporkan Rusak

Aditya Mahatva Yodha - 28 September 2024 | 18:09 - Dibaca 91 kali
Peristiwa Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Kabupaten Malang, 54 Rumah Dilaporkan Rusak
Rumah salah satu warga di Kabupaten Malang terdampak angin puting beliung atapnya rusak pada Jumat 27 September 2024. (Foto: BPBD Kabupaten Malang)

SUARA INDONESIA, MALANG - Angin puting beliung terjadi sore hari Jumat 27 September 2024 kemarin, saat hujan melanda di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Yakni Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum, Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir dan Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen.

Setidaknya ada 54 rumah yang mengalami kerusakan dari sedang hingga ringan. Dan kebanyakan atap rumah yang hilang tersapu angin.

Sekitar pukul 15.00 WIB, angin kencang menerjang Dusun Ampelantuk, Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir. Menurut laporan dari Kepala Dusun Ampelatuk Desa Sukodadi, sebanyak 8 rumah mengalami kerusakan ringan dan 2 rumah mengalami kerusakan sedang, dengan perkiraan nilai kerugian mencapai sekitar Rp 40.000.000.

Sekitar pukul 17.05 WIB, angin kencang juga melanda Dusun Tamanayu, Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen. Menurut laporan dari Polsek Kepanjen, sebanyak 15 rumah mengalami kerusakan ringan dan 3 rumah mengalami kerusakan sedang, dengan perkiraan nilai kerugian mencapai sekitar Rp 50.000.000. 

Sementara itu di Desa Ngasem hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di wilayahnya, mengakibatkan 26 rumah mengalami kerusakan pada bagian atap. Selain itu juga dilaporkan kabel listrik jatuh tertimpa pohon tumbang, dan sebuah rumah tersambar petir.

"Dari BPBD sudah melakukan asesmen untuk pemberian sembako dan terpal sebagai pengganti sementara atap yang rusak," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, Sabtu (28/9/2024). (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya Mahatva Yodha
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV