SUARA INDONESIA

Wakil DPD Ingatkan Kepala Daerah Jaga Netralitas, Tak Terjebak Politik Praktis

Heri Suroyo - 30 October 2023 | 20:10 - Dibaca 687 kali
Politik Wakil DPD Ingatkan Kepala Daerah Jaga Netralitas, Tak Terjebak Politik Praktis
Sultan Wakil DPD RI saat memberikan keterangan resminya pada media (Foto: Heri Suroyo/suaraindonesia.co.id)

JAKARTA,Suaraindonesia.co.id- Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengingatkan agar para Pejabat Kepala Daerah menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis dalam perhelatan pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Sultan Wakil DPD RI lewat keterangan resminya, Senin (30/10/2023).

Lebih lanjut, mantan wakil Gubernur Bengkulu itu menyampaikan, agar ratusan Pj Kepala Daerah, baik di tingkat Provinsi, maupun Kabupaten/Kota se Indonesia dapat fokus bekerja membangun daerah secara baik dan akuntabel.

“Kami mengucapkan selamat berbakti kepada segenap Pj Kepala Daerah yang sudah dipercayai oleh pemerintah pusat untuk mengemban amanah pembangunan di daerah," ujarnya.

Menurut Sultan, kehadiran para PJ Kepala Daerah membawa optimisme dan harapan bagi masyarakat di daerah dalam percepatan pembangunan di daerahnya masing-masing.

"Saat ini terdapat banyak persoalan daerah, khususnya terkait isu pangan dan kesejahteraan sosial yang membutuhkan perhatian serius dari para Kepala Daerah," jelasnya.

Dia menuturkan, isu sosial di daerah saat ini cenderung lebih sensitif, karena sudah masuk tahun politik.

Dia berharap, kehadiran Pj Kepala Daerah mampu membawa perubahan dalam budaya kerja birokrasi dan inovasi kebijakan yang efektif dan sesuai local wisdom. 

Menurutnya, Keterlibatan Pj Kepala Daerah dalam politik praktis hanya akan menghambat kemajuan di daerah dan memperkeruh suasana alias tidak kondusif.

Oleh karena itu, Sultan juga berharap, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bisa melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja Pj Kepala Daerah secara berkala.

"Di samping itu, Kemendagri dapat memberikan target pembangunan secara terukur tentang program pembangunan di daerah," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Heri Suroyo
Editor : Wildan Muklishah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV