SUARA INDONESIA

Ratusan Pengawas Siap Amankan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 di Blora

Gunawan - 28 November 2023 | 15:11 - Dibaca 927 kali
Politik Ratusan Pengawas Siap Amankan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 di Blora
Bawaslu beserta jajaran saat mengikuti apel siaga di Alun-Alun Blora, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2023). (Foto: Gunawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLORA - Sebanyak 494 pengawas di tingkat Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD), Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) dari Bawaslu Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengikuti apel siaga persiapan pengawasan kampanye, guna mencegah terjadinya pelanggaran dalam tahapan kampanye pemilu serentak 2024.

"Sesuai PKPU No 15 Tahun 2023, tahapan kampanye pemilu tahun 2024 dimulai hari ini, tanggal 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024, yang berlangsung selama 75 hari sesuai jadwal," terang Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Andyka Fuad Ibrahim, di Alun-Alun Blora, Selasa (28/11/2023).

Apel siaga ini, kata Andyka, adalah bentuk kesiapan dalam pengawasan Pemilu 2024. Yang memfokuskan pengawasan dalam tahapan kampanye seperti politik uang, netralitas ASN, berita hoaks, ujaran kebencian, dan isu-isu terkait SARA.

"Ingat, sebagai pengawas pemilu adalah mengawasi, mencegah dan penindakan. Mengedepankan pencegahan baru penindakan di dalam pengawasan," kata Andyka.

Sementara Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Blora, Jatmiko menuturkan, semua pihak terutama di jajaran penyelenggara pemilu, harus netral. "Netral termasuk halnya di jajaran penyelenggara pemilu. Harus netral," terang Jatmiko.

Kapolres Blora, AKBP Agus Puryadi menyampaikan, pengawas pemilu harus mampu menjadi penegak hukum. "Penegakan hukum adalah upaya terakhir," ujarnya.

Dia juga berpesan bahwa pengawas adalah penegak hukum. Beberapa yang rawan pelanggaran adalah kampanye hitam, ujaran kebencian dan berita hoaks.

"Bahwa masa kampanye, tolong kepada peserta pemilu, pemberitahuan jadwal kampanyenya," ungkapnya kepada peserta pemilu tahun 2024.

Sementara Bupati Blora, Arief Rohman mengatakan, kerawanan di Kabupaten Blora cukup rendah. "Lakukan koordinasi dengan stake holder sesuai tingkatan sebagai upaya pencegahan pelanggaran pemilu," ujarnya.

Apel siaga tersebut ditandai dengan penandatanganan pakta integritas dari jajaran penyelenggara pemilu (Bawaslu dan KPU), Forkompimda, dan seluruh parpol peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Blora. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV