SUARA INDONESIA

39 Pesawat Tempur Koopsau II Ikuti Latihan Sikatan Daya 2020

Imam Hairon - 28 September 2020 | 14:09 - Dibaca 2.03k kali
TNI/Polri 39 Pesawat Tempur Koopsau II Ikuti Latihan Sikatan Daya 2020
Pangkoops AU II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, S.IP Saat Konferensi Pers Latihan Sikatan Daya 2020.

KABUPATEN MALANG - Komando Operasi TNI AU (Koopsau) II akan memulai latihan Sikatan Daya 2020. Latihan akan berlangsung selama tiga hari, mulai 28-30 September 2020 di Air Shoot Range Pandanwangi, Kabupaten Lumajang.

Pangkoops AU II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, S.IP mengatakan latihan itu bertujuan menguji sejauh mana kesiapan seluruh satuan yang berada di jajaran Koopsau II.

"Dengan begitu kita bisa mendapatkan gambaran, bisa menilai sejauh mana kemampuan yang kita miliki apakah sudah ideal yang seperti kita harapkan," ujarnya dalam konferensi pers di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Senin (28/09/2020).

Dijelaskannya, saat ini Koopsau II memiliki 12 Pangkalan Udara yang didalmnya terdapat 3 Pangkalan Udara tipe A yang membawahi beberapa Skadron Udara.

"Dalam latihan Sikatan Daya 2020 ini kita akan menggunakan 3 Pangkalan Operasi yaitu Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Lanud Iswahyudi Madiun dan Lanud Mulyono Surabaya," ujarnya.

Sebelumnya, Koopsau II telah melakukan gladi posko menggunakan sarana vidcon dengan seluruh jajaran yang akan mengikuti latihan. Dalam latihan tersebut akan melakukan manuver lapangan dan simulasi udara dengan melibatkan 706 personel.

"Kita akan melakukan simulasi udara diantaranya operasi intelijen udara, operasi udara serangan strategis, operasi udara perlawanan baik udara maupun darat, operasi dukungan udara seperti pengisian bahan bakar maupun penerjunan," bebernya.

Tak hanya itu, latihan dengan sandi Sikatan Daya 2020 ini juga akan melibatkan 39 pesawat tempur berbagai jenis yang dimiliki Koopsau II.

"Pesawat jenis F-16 ada 10, T-50 ada 6 pesawat, Sukhoi 6 pesawat, Super Tucano 5, Hercules ada 5, 1 Pesawat Tanker C-130, ada 2 pesawat casa dan satu Boeing 737," beber Minggit.

Ia juga berpesan kepada masyarakat yang dekat dengan radius latihan Sikatan Daya di lapangan tembak Pandanwangi Lumajang agar membantu keamanan dan kenyamanan sehingga berjalan dengan lancar.

"Saya ingatkan kepada warga agar selalu berhati-hati, karena di lapangan akan ada penindakan penembakan, pengeboman roket dan banyak peluru tajam," pungkas Pangkoops AU II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, S.IP.

Usai latihan Sikatan Daya 2020, Koopsau II juga akan membagi-bagikan masker kepada warga Lumajang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV