SUARA INDONESIA

Serunya Berwisata di Pantai Cemara Banyuwangi Sembari Mengamati Penyu

Muhammad Nurul Yaqin - 29 December 2022 | 18:12 - Dibaca 3.00k kali
Wisata Serunya Berwisata di Pantai Cemara Banyuwangi Sembari Mengamati Penyu
Wisatawan saat mengamati penangkaran penyu di wisata Pulau Merah Banyuwangi. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Satu lagi wisata pantai yang perlu Anda kunjungi bila mampir ke Banyuwangi. Sekitar 3 kilometer dari pusat Kota, ada wisata Pantai Cemara yang menyajikan keindahan hutan cemara. Tepatnya di Kelurahan Pakis, Banyuwangi.

Bila ke sana, pengunjung bisa menikmati laut Selat Bali sambil berteduh di bawah pohon cemara. Bisa juga menikmati beragam kuliner khas Banyuwangi yang dijual di warung-warung yang ada di antara pohon cemara. Atau menengok penangkaran penyu.

Bila beruntung anda juga bisa melepaskan anakan penyu atau tukik secara langsung ke laut. Karen di momen libur natal dan tahun baru ini, pengelola Pantai Cemara telah menyiapkan puluhan ekor tukik. Bagi wisatawan yang berminat bisa langsung melepasliarkan hewan langka itu ke laut.

"Kami siapkan 70 ekor tukik yang bisa dilepasliarkan oleh wisatawan yang datang," kata Kepala KUB Pantai Cemara, Muhammad Mukhyi, Kamis (29/12/2022).

Mukhyi menyebut, penangkaran penyu di Pantai Cemara ini adalah bagian dari konservasi. Sejak dari dulu di kawasan pesisir Pantai Cemara kerap digunakan penyu untuk bertelur. 

Jenis penyu yang sering bertelur di Pantai Cemara adalah Penyu Lekang dan Penyu Hijau.

Melihat peristiwa itu, masyarakat sekitar mulai menjaga dan merawat sekitar pantai dengan cara menjaga kebersihan dan merawat Pohon Cemara serta Pohon Mangrove supaya Penyu tetap nyaman untuk bertelur di Pantai Cemara Pakis.

"Kami ingin anak cucu masih bisa melihat Penyu secara langsung," kata dia.

Muhyi, menambahkan, banyak dari pengunjung yang tertarik untuk belajar terhadap konservasi yang telah dilakukan oleh Pokmaswas/KUB Pantai Rejo.

“Mulai dari anak-anak TK hingga perusahaan yang mengadakan gathering meminta kami untuk menjelaskan tentang Penyu,” ucapnya.

Selain itu, anggota dari Pokmaswas/KUB Pantai Rejo selalu memberikan sosialisasi untuk menjaga kelestarian Penyu kepada setiap pengunjung. 

Diantaranya seperti, memberitahu bahwa Penyu termasuk hewan dilindungi, ekosistemnya di lautan sangat terbatas, jangan makan telur Penyu, jangan buang sampah sembarangan dan jangan mengambil telur Penyu.

Perlu diketahui, mulai dari awal mula melepas tukik (anakan Penyu) pada tahun 2014 hingga saat ini. Pokmaswas/KUB Pantai Rejo sudah melepasliarkan puluhan ribu tukik.

Sebagai informasi, untuk tiket masuk ke tempat wisata ini, pengunjung dikenakan tarif Rp 5.000. Tentunya, sangat ekonomis bukan. 

Selain mendapatkan foto-foto yang keren, tentunya juga mendapatkan edukasi seputar tentang Konservasi Penyu. Bagaimana? kalian tertarik? Yuk, buruan datang Pantai Cemara Pakis. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat dan teman-teman yaa. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Wisata

View All
EDISI, 19 JANUARI 2024
19 January 2024 - 06:01
EDISI, 19 JANUARI 2024
EDISI, 26 DESEMBER 2023
26 December 2023 - 20:12
EDISI, 26 DESEMBER 2023
EDISI, 21 DESEMBER 2023
21 December 2023 - 06:12
EDISI, 21 DESEMBER 2023
EDISI, 20 DESEMBER 2023
20 December 2023 - 06:12
EDISI, 20 DESEMBER 2023