SUARA INDONESIA

BPJS Ketenagakerjaan Cirebon dan DPR Sosialisasi ke Pekerja BPU

Redaksi - 25 September 2023 | 15:09 - Dibaca 939 kali
Advertorial BPJS Ketenagakerjaan Cirebon dan DPR Sosialisasi ke Pekerja BPU
BPJS Ketenagakerjaan Cirebon bersama Anggota Komisi IX DPR RI Hj. Netty Prasetiyani M.Si, sosialisasi program ke Pekerja BPU (Foto : BPJS Ketenagakerjaan)

CIREBON, Suaraindonesia.co.id - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cirebon bersama Anggota Komisi IX DPR RI Hj. Netty Prasetiyani M.Si, Minggu (24/09/2023) melakukan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan beserta manfaatnya di GOR Desa Kaliwedi Lor, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini dihadiri tidak kurang dari 300 tokoh dan masyarakat pekerja Desa Kaliwedi Lor seperti petani, pedagang dan pekerja informal lainnya. Mereka sangat antusias memahami program ini, terlebih langsung didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cirebon Sudarwoto mengatakan, sebanyak 300 masyarakat pekerja informal (Bukan Penerima Upah) yang hadir di acara sosialisasi ini mendapat perlindungan kecelakaan kerja dan kematian selama 3 bulan. 

Diharapkan setelah sosialisasi ini, masyarakat pekerja mandiri dan para pelaku usaha ini memahami tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan, sehingga dapat terus melanjutkan pembayaran iuran agar selalu terlindungi dari resiko-resiko sosial seperti kecelakaan kerja dan resiko meninggal dunia.

Dengan perlindungan dua program utama BPJS Ketenagakerjaan itu, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), manfaatnya jika mengalami kecelakaan kerja seluruh biaya pengobatan rumah sakit ditanggung penuh tanpa batas oleh BPJS Ketenagakerjaan, dan jika meninggal dunia maka ahli warisnya diberikan santunan sebesar Rp 42 juta. 

Sudarwoto juga berharap dengan adanya sosialisasi bersama Anggota Komisi IX DPR RI ini tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan semakin bertambah dan meluas, terutama di sektor pekerja mandiri BPU. 

Anggota Komisi IX DPR RI Hj. Netty Prasetiyani M.Si dalam sosialisasi ini menyampaikan agar seluruh pekerja bisa mendapatkan perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya, perlindungan jaminan sosial sangat penting agar masyarakat tidak jatuh miskin akibat resiko kecelakaan kerja dan kematian. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV