SUARA INDONESIA

Program Jombang Berkadang, Pemkab Gelontorkan Anggaran Rp 6,7 Miliar

Gono Dwi Santoso - 10 October 2023 | 19:10 - Dibaca 874 kali
Advertorial Program Jombang Berkadang, Pemkab Gelontorkan Anggaran Rp 6,7 Miliar
Pembangunan MCK di salah satu desa di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang. (Foto: istimewa)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) di tahun 2023 ini menggelontorkan anggaran sebesar Rp 6.750.000.000,- untuk Program Berkarakter dan Berdaya Saing (Jombang Berkadang). 

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, Agung Hariadi mengatakan, Program Jombang Berkadang ini untuk mewujudkan Jombang sebagai Kabupaten Open Defecation Free (ODF) di tahun 2023.

"Program ini berupa pembangunan sarana mandi cuci kakus (MCK) sebagai upaya mendorong terciptanya lingkungan sehat di masyarakat," ujarnya kepada Suaraindonesia.co.id, Selasa (10/10/2023).

Adapun besaran dana pembangunan untuk MCK ini adalah Rp 5.000.000,- per unit, dengan rincian bangunan bilik kamar mandi, kakus/toilet dan tangka septik yang telah memenuhi standard Kementerian PUPR.

"Salah satu wilayah yang menerima progam ini yaitu Kecamatan Bandarkedungmulyo yang akan di bangun di Tahun Anggaran 2023 ini," ungkap Agung.  

Dia berharap dengan kebutuhan sanitasi warga yang layak dapat meningkatkan kualitas hidup semakin baik. Serta warga turut berpartisipasi dalam menjaga fasilitas MCK agar selalu bersih dan nyaman.

"Dengan adanya pemenuhan kebutuhan dasar warga berupa sanitasi yang layak, tentu akan berimbas pada kualitas hidup warga desa semakin baik," ucap Agung.

Selain itu, lanjut dia setelah pembangunan ini, diharapkan masyarakat yang mendapatkan bantuan program pembangunan MCK ini dapat berpartisipasi dalam menjaga kebersihannya. 

"Sehingga kenyamanan dalam menggunakan fasilitas MCK ini selalu terjaga,” pungkas Agus. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV