SUARA INDONESIA

OKK Akan Menjadi Syarat Wajib Jadi Anggota PWI, Jember Siapkan 100 Peserta

Nawang Wulan - 22 April 2024 | 18:04 - Dibaca 814 kali
Advertorial OKK Akan Menjadi Syarat Wajib Jadi Anggota PWI, Jember Siapkan 100 Peserta
(Kanan) Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim (Kiri) Bupati Jember, H.Hendy Siswanto


SUARA INDONESIA, JEMBER – Untuk menjadi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) salah satu syarat mutlak selain harus lulus uji kompetensi wartawan aturan baru harus bersertifikat organisasi kewartawanan dan keorganisasian (OKK).

Informasi itu, disampaikan langsung oleh Ketua PWI Jawa Timur saat menjadi pemateri, dalam acara Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Diskominfo Jember kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia, Senin (22/04/2024) di Jember.

“Untuk menjadi anggota PWI, untuk menjadi anggota harus mengikuti sertifikasi OKK. Di PWI keanggotaan itu ada muda dan biasa. Untuk menjadi anggota muda, wajib punya sertifikat OKK karena ini sarat dasar,’ katanya. 

Lebih jauh, Lutfil menjelaskan bahwa profesi wartawan itu harus tunduk pada aturan agar menjadi jurnalis yang berkualitas.

“Profesi jurnalis ini banyak dikepung oleh aturan-aturan agar bisa menghasilkan karya yang berkualitas. Ada aturan Dewan Pers ada kode etik jurnalistik, ada peraturan organisasi,” ucapnya.

Pria kelahiran Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember ini juga menyampaikan kalau PWI Jember bakal menyelenggarakan OKK sebanyak 100 peserta.

"Minggu depan, kita adakan OKK. 100 peserta yang sudah mendaftar. Ini akan menjadi peserta terbanyak se-Indonesia," bebernya.

Sementara Bupati Jember H.Hendy Siswanto menyampaikan terimakasih, kepada PWI Jawa Timur telah memberikan kesempatan kepada Pemkab Jember untuk jadi tuan rumah memperingati Hari Pers Nasional (HPN) se- Jawa Timur salah satunya penyelenggaraan OKK.

“Ini salah satu kebanggan kami. Ada pemerintah harus ada Pers. Karena Pers ini yang membuat kita jadi sukses. Karena wartawan ini yang akan bercerita tentang wajah Jember,” jawabnya saat menjawab pertanyaan moderator.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Nawang Wulan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV