SUARA INDONESIA

Pertunjukan Sendratari Meras Gandrung di Banyuwangi Sukses Pukau Wisatawan Luar Daerah

Muhammad Nurul Yaqin - 22 March 2023 | 20:03 - Dibaca 1.67k kali
Budaya Pertunjukan Sendratari Meras Gandrung di Banyuwangi Sukses Pukau Wisatawan Luar Daerah
Pertunjukan sendratari meras gandrung di Banyuwangi.

BANYUWANGI - Jika sedang berkunjung ke Banyuwangi belum lengkap jika belum menyaksikan secara langsung pertunjukan seni drama dan tari (sendratari) Meras Gandrung atau wisudanya penari Gandrung, yang diselenggarakan di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi, Rabu (22/3/2023).

Diselenggarakan setiap satu bulan sekali, sendratari Meras Gandrung rutin digelar di Taman Gandrung Terakota.

Pertunjukan ini secara langsung dibuka oleh Pendiri Taman Gandrung Terakota Sigit Pramono.

"Pementasan sendratari Meras Gandrung merupakan cara melestarikan seni budaya dengan menggelar pertunjukan yang terjadwal. Kita memberikan ruang berkesenian bagi para seniman untuk melestarikan budaya dan kesenian yang kita miliki. Jadi, para wisatawan tau bagaimana seni dan budaya kita ini terus dilestarikan di Banyuwangi," ungkap Sigit.


Pertunjukan sendratari Meras Gandrung adalah sebuah pementasan tari secara kolosal oleh para penari gandrung.

Didalam cerita menggambarkan perjuangan keras seorang penari gandrung dalam mengatasi tantangan dan ujian berat agar dapat diwisuda menjadi penari gandrung.

Selain menceritakan gandrung dan tradisi meras, Sigit juga melontarkan beberapa kuis kepada tamu pengunjung yang menonton.

Salah satu pengunjung yang juga pemenang kuis asal Kota Semarang, Ari menuturkan, ia sedang berlibur ke Banyuwangi dengan mengunjungi beberapa destinasi di Banyuwangi.

"Kami bersama rombongan keluarga dari Semarang sedang jalan-jalan ke Banyuwangi. Tadi pagi kita menyebrang ke Pulau Tabuhan yang sangat indah, lanjut makan siang di Banyuwangi dengan menu Pecel Rawon yang luar biasa enaknya. Besok kita mau ke Djawatan, Pulau Merah, Boom Marina dan Kawah Ijen," ungkap Ari.

Ia menambahkan, seketika dijalan melihat informasi adanya pertunjukan sendratari di Taman Gandrung Terakota, akhirnya Ari dan keluarga memutuskan untuk menonton Meras Gandrung sore ini.


"Ini merupakan pengalaman pertama kali saya menonton tari gandrung apalagi ini sedang ada pertunjukan sendratari ritual meras gandrung, tentunya pengalaman yang sangat beruntung bagi saya dan keluarga. Apalagi dalam pertunjukan menceritakan sejarah tari gandrung tersebut," pungkas Ari.

Ari sangat bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan Sigit Pramono selaku pendiri. Menurutnya dengan memberikan wadah bagi para seniman tari, gandrung ini akan terus lestari, dan juga akan memudahkan bagi wisatawan yang penasaran ingin melihat proses Meras Gandrung.

Taman Gandrung Terakota merupakan destinasi wisata sekaligus situs budaya yang memiliki sekitar seribu patung penari gandrung yang berbahan dasar gerabah (tanah liat) yang diletakkan di area persawahan di lereng Gunung Ijen.

Di akhir pertunjukan, para penari Gandrung mengajak penonton untuk menari bersama-sama di panggung pertunjukan. Mereka yang kebanyakan dari luar daerah sangat berantusias dalam menari bersama para penari Gandrung.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV