SUARA INDONESIA

Pelabuhan Bulusan Bersiap jadi Dermaga LDF dengan Kapasitas Daya Tampung Tiga Kali Lipat

Muhammad Nurul Yaqin - 03 November 2023 | 11:11 - Dibaca 1.37k kali
Ekbis Pelabuhan Bulusan Bersiap jadi Dermaga LDF dengan Kapasitas Daya Tampung Tiga Kali Lipat
Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Irjen Pol Hendro Sugiatno bersama rombongan saat melakukan peninjauan di Pelabuhan Bulusan, Banyuwangi. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Pelabuhan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, bersiap menjadi dermaga Long Distance Ferry (LDF) atau lintasan panjang untuk keperluan natal dan tahun baru (nataru) mendatang.

Kesiapan LDF di Pelabuhan Bulusan ditinjau langsung Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Irjen Pol Hendro Sugiatno beserta rombongan, Kamis, 02 Oktober 2023.

Hendro menyebut, Pelabuhan Bulusan akan disulap menjadi dermaga kapal LDF dengan daya tampung tiga kali lipat lebih besar dibandingkan kapal biasa.

"Saat ini sedang persiapan, tanggal 6 dan 10 November akan kami uji coba kan kapal di dermaga ini," ucapnya.

Uji coba tersebut untuk mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki. Ketika semuanya sudah siap, Hendro berkata, kantong parkir di kawasan Pelabuhan Bulusan juga akan diaspal. 

"Jadi berfungsi menampung kendaraan yang akan ke pelabuhan. Ini lumayan luas, bisa menampung 300 kendaraan, sehingga tidak mengganggu lalu lintas," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, kedepannya juga akan dibuat jembatan penghubung dari Pelabuhan Bulusan ke Pelabuhan Ketapang. Sehingga area pelabuhan akan tampak semakin luas.

Ketika nantinya beroperasi, kata Hendro, keberadaan dermaga LDF di Pelabuhan Bulusan ini dapat membantu kelancaran lalu lintas. 

Sehingga dapat meminimalisir adanya potensi antrian panjang di jalur menuju Pelabuhan Ketapang saat momen libur panjang tiba.

"Fokus kita tahun ini hanya penambahan kapasitas di Pelabuhan Bulusan saja untuk daya tampung lebih besar. Sehingga mampu mengurangi beban," akunya.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menambahkan, nataru akan berpotensi terjadi lonjakan penumpang. Sehingga persiapan dermaga baru pun dilakukan.

"Tentu dermaga LDF ini sebagai antisipasi jika ada peningkatan penumpang lebih dari biasanya. Selain nataru, kami juga operasikan saat lebaran nanti," jelasnya.

Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Ketapang, M Yusuf Hadi berkata, sebetulnya dermaga LDF di Pelabuhan Ketapang sudah ada. Namun kini direncanakan akan dipindah ke Pelabuhan Bulusan dengan area yang lebih luas.

"Jadi, armada long distance ferry yang selama ini melayani rute Ketapang-Lembar direncanakan pindah ke sini (Pelabuhan Bulusan). Tapi sebelum dipindahkan akan diuji coba dulu," tuturnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV