SUARA INDONESIA

Jelang Maulid Nabi, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Legi Jombang Alami Kenaikan

Gono Dwi Santoso - 09 September 2024 | 11:09 - Dibaca 510 kali
Ekbis Jelang Maulid Nabi, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Legi Jombang Alami Kenaikan
Rahayu pedagang sayuran di pasar legi Jombang saat melayani pembeli di lapak kiosnya,Senin (09/09/2024).( Foto : Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Sepekan menjelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, harga bahan pokok di Pasar Legi Jombang mengalami kenaikan signifikan. Beberapa komoditas yang di antaranya harga kentang, telur dan daging ayam, Senin (09/09/2024).

Rahayu, salah satu pedagang di Pasar Legi, mengatakan, komoditas yang mengalami kenaikan cukup adalah kentang. Bahkan, telah naik sejak dua pekan terakhir.

“Kentang biasa yang tadinya Rp 18.000 per kilogram, sekarang sudah naik jadi Rp 23.000. Dan ini sudah berlangsung selama dua minggu,” terangnya.

Menurutnya, selain kentang, harga telur juga mengalami kenaikan, dari Rp 24.000 menjadi Rp 25.000 per kilogram. Meski harga bahan pokok naik, Rahayu menyebut pembelian masih normal.

Di sisi lain, harga cabai menunjukkan penurunan. Cabai rawit yang sebelumnya Rp 55.000 per kilogram, kini turun menjadi Rp 38.000 per kilogram. Cabai besar juga mengalami penurunan harga, yang kini di angka Rp 20.000 per kilogram.

“Sementara harga bawang putih tetap stabil di Rp 34.000 per kilogram, sedangkan bawang merah masih bertahan di Rp 22.000 per kilogram. Kenaikan signifikan kentang ini, mungkin dikarenakan faktor cuaca," pungkasnya.

Saripah, penjual daging ayam di Pasar Legi mengungkapkan, harga daging ayam juga mengalami kenaikan bertahap, sejak dua pekan belakangan. Dari awalnya Rp 30.000, lalu Rp 31.000, dan sekarang Rp 32.000 per kilogram.

“Kendati demikian, kenaikan harga ini tidak terlalu memengaruhi pembelian daging ayam dari konsumen," tutupnya.

Sementara itu, Widya, salah satu pembeli di Pasar Legi, berharap harga sembako tetap stabil hingga hari-hari mendekati perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. “Meski ada kenaikan, kami tetap beli karena memang butuh. Tapi kami harap harga bisa tetap stabil,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV