SUARA INDONESIA, SUMENEP- Sejumlah developer atau pengusaha properti di Kabupaten Sumenep, mengacungkan jempol atas pelayanan yang diberikan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), dalam memproses pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) baik subsidi, maupun nonsubsidi.
Menurut mereka, sejauh ini BTN telah memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabah yang ingin memproses KPR.
Hal itu, salah satunya diungkapkan oleh developer terkemuka di Sumenep, Direktur Utama PT Pendopo Agung Sumekar Herman Wijaya Kusuma.
Menurutnya, pelayanan yang diberikan Bank BTN sangat maksimal, sehingga membantu meningkatkan kinerja perusahaannya.
"Pelayanan BTN sudah sangat bagus dan maksimal kepada kita para pengembang. Dan sejauh ini aman-aman saja, tidak ada masalah, komunikasi lancar. Menurut saya tidak ada masalah karena kita adalah mitra bank dan sudah maksimal untuk melayani semua nasabahnya," ujar Herman ketika dihubungi media, Senin (09/09/2024).
Herman menjelaskan, tak pernah ada kendala berarti saat dirinya bermitra dengan BTN, baik dalam proses pembiayaan perumahan subsidi maupun non subsidi.
Lebih lanjut ia mengungkapkan untuk saat ini Kuota KPR subsidi terbatas dan belum ada info penambahan. Hal itu, karena penentuan kuota KPR Subsidi merupakan kewenangan dari pemerintah, bukan kewenangan Bank BTN.
Oleh sebab itu, dirinya berharap, para pengembang di Sumenep bisa terus bekerjasama dengan BTN yang tengah memperjuangkan penambahan kuota KPR Subsidi ke pemerintah.
Apalagi lanjutnya, saat ini perkembangan sektor properti di Sumenep sangat bagus dan perlu dimanfaatkan dengan baik.
"Karena kebutuhan perumahan sederhana masih sangat banyak. Apalagi kalau kuota subsidi ditambah, kami dari pengembang sangat senang sebab penjualan kita beda ketika ada subsidi dengan ketika pemerintah mencabut. Tetapi yang harus ditegaskan adalah, ada atau tidak adanya subsidi tidak akan berpengaruh pada komitmen kami untuk terus mengembangkan properti di Sumenep sebab pasarnya memang masih sangat besar,” paparnya.
Senada dengan Herman, Direktur PT Usaha Ontong Onggu Entry Lesmana juga mengakui layanan Bank BTN yang bagus dan cepat.
Dirinya mengatakan, dari beberapa pengalamannya bekerja sama dengan perseroan, untuk pengurusan pengajuan KPR di Bank BTN tidak pernah berbelit-belit, sehingga prosesnya bisa lebih cepat selesai.
"Rata-rata penyelesaian makan waktu 2-3 Minggu. Misalnya saya menaruh 10 berkas di awal bulan, tanggal 20 sudah selesai. Bahkan kalau ASN bisa seminggu selesai. Tetapi kalau profil pembelinya wiraswasta, ya itu tadi sekitar 2-3 Minggu karena harus ada survei. Tetapi secara keseluruhan, pengurusan pengajuan KPR di BTN tidak berbelit," ungkapnya.
Hal yang sama diucapkan oleh Manager Marketing PT Berkat Batu Kencana Zainal Masfuri. ST.
Ia mengatakan, sebagai mitra pengembang, Bank BTN sudah memberikan layanan yang sangat bagus.
Bahkan saat ini, kata Zainal pengajuan KPR melalui Bank BTN juga sudah bisa dilayani secara online sehingga memudahkan pengembang.
Zainal mengungkapan, saat ini Berkat Batu Kencana juga sedang mengembangkan beberapa kawasan perumahan di Sumenep diantaranya Perumahan Alam Juanda, Juanda Mention, Surya Garden, Sania Garden, dan Patra Garden Gresik.
"Peran BTN sangat besar di perusahaan kami. Karena sekitar 80 persen-95 persen, pembeli kami arahkan ke BTN. Apalagi Procity Grup sudah bekerjasama dengan BTN sudah mencapai sekitar 40 tahun. Proyek di Surabaya juga didukung oleh BTN semua," jelasnya.
Zainal mengungkapkan, berkat jasa Bank BTN perusahaan bisa sukses sebagai pengembang. Oleh sebab itu, perusahaannya juga selalu mengarahkan pembeli rumah untuk mengambil KPR di bank tersebut.
Pria itu menilai, ada banyak kemudahan yang diberikan Bank BTN, termasuk proses KPR yang dinilai cukup cepat.
"Kami mendapatkan support penuh dari BTN Cabang Pembantu Sumenep dan juga dari Cabang BTN di Bangkalan. Kami totalitas dengan BTN, karena sejak kecil dibesarkan BTN, termasuk saat awal pembangunan, juga dibantu BTN," pungkasnya.
Selain hal tersebut, dirinya juga mengapresiasi sikap transparan Bank BTN dalam menginformasikan besaran suku bunga, baik suku bunga pinjaman untuk para pelaku usaha maupun bunga KPR untuk nasabah individu.
Menurutnya, Bank BTN selama ini, selalu proaktif menjelaskan setiap ada perubahan suku bunga. Tidak ada yang tak diinformasikan terlebih dulu.
"Informasi suku bunga bank selalu transparan. Semua bank mencantumkan besaran bunganya di saluran informasi resmi, baik di website maupun di konter layanan. Bank juga pasti melihat bunga yang ditawarkan bank lain agar tetap kompetitif. Semua wajar dan normal," pungkasnya. (*)
» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA
Pewarta | : Wildan Mukhlishah Sy |
Editor | : Mahrus Sholih |
Komentar & Reaksi