SUARA INDONESIA

Hal-hal yang Perlu Kamu Coba Untuk Menjaga Mental Healt

Wilda Natasya - 03 November 2021 | 12:11
Entertaiment Hal-hal yang Perlu Kamu Coba Untuk Menjaga Mental Healt
JEMBER- Dalam menjalani aktivitas sehari-hari manusia tidak hanya diharuskan untuk memiliki kesehatan fisik yang baik, namun juga kesehatan mental. 

Hal tersebut berperan penting untuk mendapatkan kelancaran dan kesejahteraan di kehidupan.

Kesehatan metal sendiri merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh manusia, untuk mengatur dan mengelola emosi atau perasaannya dalam menghadapi setiap persoalan di berbagai aktivitas yang dijalani.

Jika seseorang dapat menjaga kesehatan mental dengan baik, maka mereka akan mendapatkan beragam manfaat yang mampu menunjang produktifitas dan bisa menikmati kehidupan secara sempurna.

Meski mengatur dan menjaga kesehatan mental terbilang sangat penting, namun sebagian orang masih merasa kebingunan untuk melakukan hal tersebut. 

Berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk menjaga mental healt, sehingga aktivitas menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

Bersyukur atas yang kamu miliki saat ini

Perasaan bersyukur menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga mental healt tetap dalam kondisi yang baik. 

Dengan bersyukur, kita juga akan terhindar dari perasaan-perasaan negatif yang dapat mengganggu pikiran dan emosi. 

Seperti hadirnya rasa tidak percaya diri, merasa menjadi orang paling tidak beruntung dan beberapa hal lain.

Ucapkan kalimat positif pada diri sendiri

Siapa sangka dengan mengatakan kalimat positif kepada diri sendiri saat mengalami kesulitan atau dihadapkan pada sebuah permasalahan, ternyata dapat menjadi mantra untuk mensugesti diri agar percaya bahwa semua yang terjadi akan dilalui dengan baik.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa membiasakan diri mengatakan kalimat positif pada diri sendiri dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih optimis dalam menghadapi berbagai hal.

Memiliki seseorang untuk berbagi cerita

Ketika menghadapi sebuah permasalahan, seseorang biasanya akan bingung untuk menyelesaikannya menggunakan cara seperti apa. 

Sebagian dari mereka memilih untuk memendamnya sendiri dan lainnya akan menceritakan kepada orang lain.

Belajarlah untuk mulai terbuka dan percaya kepada orang lain, yang menurut anda dapat menjadi tempat berkeluh kesah dan berbagi cerita. 

Bahkan mungkin sebagian saran dari mereka sangat kita butuhkan di saat seperti ini. 

Dengan begitu, beban yang kamu pikul akan terasa lebih ringan nantinya.

Olahraga

Dikutip dari Halodoc.com, saat melakukan aktivitas olahraga tubuh manusia akan melepaskan senyawa endorfin yang ternyata mampu untuk mengurangi perasaan stress dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Tidak perlu melakukan olahraga berat untuk mendapatkannya, anda bisa memulainya dengan melakukan jalan di tempat atau gerakan ringan lainnya di rumah bersama dengan keluarga. 

Namun sesekali, cobalah untuk berjalan kaki mengelilingi kompleks rumah, untuk mendapatkan sinar matahari yang sehat untuk tubuh.

Menyantap Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang sehat akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh kita, sehingga setiap kebutuhan vitamin dan mineral dapat tercukupi dengan sempurna. 

Cobalah untuk mulai megkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup, karena itu akan membantu meningkatkan serotin senyawa bahan kimia yang memberikan efek menenangkan suasana hati.

Sayuran dan buah-buahan juga bisa menjadi pilihan utama bagi anda yang akhir-akhir ini mengalami suasana hati cukup buruk, baik karena pekerjaan yang menumpuk, permasalahan dengan orang sekitar atau hal lainnya.

Beristirahat

Jika anda merupakan seorang pekerja dengan jadwal yang tetap setiap harinya, maka akan cenderung lebih mudah untuk merasakan kejenuhan dalam dunia pekerjaan. 

Saat itu terjadi, maka tak hanya kesehatan fisik dan mental yang terancam, namun kewajiban anda juga akan terbengkalai.

Untuk itu, cobalah agar tidak memaksakan diri terus bekerja dalam kondisi pikiran dan hati yang jenuh, karena konsentrasipun akan ikut terganggu nantinya. 

Ambillah waktu untuk beristirahat dan menenangkan pikiran serta emosi, walau hanya sejenak dengan melakukan liburan dan mengunjungi tempat-tempat yang memiliki pemandangan serta suasana yang indah.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV