SUARA INDONESIA

Peringatan HKN ke 59 Jadi Momentum Persagi Bondowoso Perangi Stunting

Redaksi - 06 December 2023 | 17:12 - Dibaca 1.07k kali
Kesehatan Peringatan HKN ke 59 Jadi Momentum Persagi Bondowoso Perangi Stunting
Agenda sosialisasi yang menjadi rangkaian kegiatan baksos oleh DPC Persagi di Kecamatan Cermee, Bondowoso, Rabu (06/12/2023). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BONDOWOSO- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Bondowoso, memiliki cara tersendiri memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59. Mereka menggelar bakti sosial (baksos) kesehatan di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Kegiatan baksos yang salah satu tujuannya untuk memerangi stunting tersebut, meliputi pemeriksaan antropometri seperti pengukuran berat badan dan tinggi badan. Juga ada edukasi gizi pada ibu hamil, pemberian makanan tambahan (PMT), penyuluhan menu seimbang, dan pembagian paket sembako untuk 15 ibu hamil.

"Hal ini bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi masalah gizi, khususnya percepatan penurunan stunting," ujar Fitria Nur Rahmi, Ketua DPC Persagi Bondowoso, Rabu (6/12/2023).

Fitria juga mengajak para ibu hamil agar gemar mengonsumsi makanan sumber protein tinggi. Selain itu, juga mengonsumsi tablet tambah darah, kalk, dan vitamin C secara rutin.

"Agar ibu hamil tidak KEK dan bebas anemia, serta menjalankan pola hidup bersih dan sehat," katanya, di sela peringatan HKN ke 59 yang bertema "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju" tersebut.

Kegiatan bakti sosial itu dibuka oleh Camat Cermee dan dihadiri sembilan organisasi profesi kesehatan. Seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Persagi.

Hadir juga perwakilan dari Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), serta Muspika Cermee. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV