SUARA INDONESIA

Ramadan Berkah, Komunitas di Banyuwangi bersama YDSF Berbagi Kebaikan pada Sesama

Muhammad Nurul Yaqin - 17 April 2022 | 19:04
Komunitas Ramadan Berkah, Komunitas di Banyuwangi bersama YDSF Berbagi Kebaikan pada Sesama

BANYUWANGI- Bulan Ramadan penuh berkah telah berlangsung. Umat muslim berlomba-lomba memaksimalkan ibadah demi meraih pahala dan berkah berlimpah di bulan suci ini. Salah satunya datang dari komunitas.

Sekumpulan pemuda yang tergabung dalam Komunitas Semut Gunung Indonesia di Banyuwangi, menebar kebaikan dengan berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Mereka mengadakan kegiatan bertajuk Ramadhan Care dengan agenda santunan anak yatim dan dhuafa, buka bersama, bagi-bagi mushaf Al-Qur’an, dan gerebek masjid. 

Acara dilakukan di Desa Olehsari atau Kampung Desa Seblang, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (17/4/2022).

Ketua Semut Gunung Indonesia Deby Nendi Setiawan menyebut, ada 25 anak yatim dan 15 lansia yang menjadi penerima manfaat secara langsung diberikan sekaligus berbuka bersama.

"Paket yang kami berikan kepada anak yatim berupa alat tulis, perlengkapan ibadah dan uang tunai. Sementara untuk lansia mendapatkan sembako dan uang tunai," ucap Deby Nendi Setiawan.

Kata dia, penerima manfaat di kegiatan ini berasal dari lingkungan desa setempat. Begitu pula dengan agenda grebeg masjid dan tebar Al-Qur’an dilakukan di Masjid Nurul Iman Dukuh Jeruk dan Masjid Baitul Muslimin.

Dalam kegiatan tersebut komunitas Semut Gunung Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Jember. 

Aksi sosial tersebut diselenggarakan di 35 komunitas/organisasi, 17 kabupaten/kota dan 7 provinsi di Indonesia. Ketua semut gunung Indonesia serta ada komunitas di Banyuwangi yang terlibat secara langsung di acara tersebut, yakni outdoor kriss, semut kopi, Super Friend Banyuwangi dan Sawah Art Space. 

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua masyarakat sekitar yang membutuhkan, serta berdampak positif terhadap semua anggota semut gunung Indonesia untuk menanamkan semangat kepedulian terhadap sesama," kata Deby Nendi Setiawan.

Komunitas pendaki gunung yang mempunyai agenda di ranah pelestarian lingkungan, sosial kemanusiaan dan kebencanaan ini, berkomitmen akan terus berbuat kebaikan untuk sesama.

"Tidak lupa kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, semoga senantiasa diberikan keberkahan atas segala yang disumbangkan. Baik tenaga, pikiran maupun materi," tutupnya.

Salah satu warga penerima manfaat, Sumaiyah mengaku senang. Menurutnya kegiatan anak muda ini merupakan aksi yang peduli terhadap masyarakat membutuhkan.

"Terimakasih atas bantuannya, semoga semua yang bergabung untuk kegiatan ini diberikan kesuksesan ke depan,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya