SUARA INDONESIA

Mahasiswa Universitas Airlangga Mengenal Lebih Dekat Karimunjawa dan Dieng Melalui Program PKL

Irqam - 09 July 2022 | 13:07 - Dibaca 1.44k kali
Komunitas Mahasiswa Universitas Airlangga Mengenal Lebih Dekat Karimunjawa dan Dieng Melalui Program PKL
Mahasiswa Prodi D4 Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga Surabaya menjalani Praktek Kuliah Lapangan di Karimunjawa, dan Dieng, (Foto: Istimewa/suaraindonesia.co.id).

SURABAYA - Mahasiswa Prodi D4 Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga Surabaya melaksanakan Praktek Kuliah Lapangan (PKL) dari tanggal 3 Juli hingga tanggal 8 Juli 2022. PKL dilaksanakan di dua tempat, yakni Karimunjawa, Jepara dan Dieng, Wonosobo. Kegiatan ini diikuti mahasiswa angkatan 2020 dan 2021.

PKL ini nantinya diharapkan dapat melatih kemampuan menganalisis dan kemampuan beradaptasi serta daya tangkap para mahasiswa dalam menjalankan tugas yang terjun langsung ke lapangan.

Selain itu, PKL merupakan bagian dari agenda berapa mata kuliah D4 Destinasi Pariwisata di antaranya manajemen transportasi, pariwisata, dan konservasi, analisis dan dampak Lingkungan (AMDAL), dan Hukum dan Kebijakan Pariwisata. 

Kegiatan PKL langsung didampingi oleh dosen bernama Nilzam Aly S.Hum., M.Sc, Yusuf, M.Pd dan dosen lainnya. Para mahasiswa dan dosen pendamping disambut langsung Kepala Desa setempat Arif Rahman. Ia menambahkan keindahan di wilayah Karimunjawa.

“Pulau Karimun ini memiliki julukan Pulau Liburan, The Paradise of Java atau Caribbean Van Java,” ujar Arif Rahman, Sabtu (9/7/2022).

Sementara itu, salah satu tokoh warga bernama Sucipto mengatakan, tempat pariwisata Karimunjawa memiliki lebih banyak Homestay dari pada hotel modern.

"Jika Anda menanyakan tentang perizinan, disini tidak ada izin untuk mendirikan Homestay karena awalnya merupakan rumah warga itu, yang menggunakan izin hanya pihak yang membuka paket tur saja" kata Sucipto.

Rombongan PKL juga mengunjungi destinasi wisata di Karimunjawa seperti Bukit Cinta, Wisata Mangrove, Pulau Menjangan dan Pantai Tanjung Gelam.

Kemudian rombongan PKL dari Universitas Airlangga bergeser ke Dieng. Mereka mengunjungi destinasi wisata Batu Angkruk , Candi Arjuna , Kawah Sikidang, dan yang terakhir Telaga Warna. 

Selama di Dieng para mahasiswa lebih banyak berinteraksi langsung dengan warga maupun pedagang setempat. 

“Tiga hari yang lalu disini sempat ada kristal es dan suhunya mencapai -1,” jelas salah satu warga setempat.

Selama kegiatan PKL berlangsung para mahasiswa juga melakukan observasi lingkungan pariwisata yang dikunjungi. Hal ini agar mahasiswa tahu perkembangan pariwisata di indonesia.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV