SUARA INDONESIA

Ketua PWI: Pers Berjasa Menjaga Banyuwangi Tetap Aman

Muhammad Nurul Yaqin - 09 February 2023 | 16:02 - Dibaca 1.50k kali
Komunitas Ketua PWI: Pers Berjasa Menjaga Banyuwangi Tetap Aman
PWI Banyuwangi saat merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, bersama stakeholder, Kamis (9/2/2023). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi, Saifuddin Mahmud, mengingat jasa para insan pers untuk pembangunan daerah.

Menurutnya, media sejak awal telah berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan, dan menjadi penopang utama demokrasi.

"Peran media dari dulu hingga sekarang sangat penting. Runtuhnya suatu tokoh karena media, suksesnya daerah dan tokoh juga karena media," ujar Pemred Jawa Pos Radar Banyuwangi ini.

Untuk menciptakan Banyuwangi yang lebih maju dan kuat, maka pers harus menyajikan berita yang membangun hingga berita untuk menyongsong kemajuan daerah.

Terlebih, kata Aif sapaan akrabnya, saat ini sudah memasuki tahun politik, guna menyongsong Pemilu 2024, tugas wartawan cukup berat. 

"Saya berharap segenap insan pers terkhusus wartawan yang tergabung dalam PWI Banyuwangi, bisa menyajikan berita yang menyejukkan untuk masyarakat," ungkapnya.

Di tengah gencarnya digitalisasi media, Aif yakin karya jurnalistik wartawan di PWI Banyuwangi bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Dikarenakan wartawan yang tergabung di PWI seluruhnya telah kompeten.

"Teman-teman yang tergabung dalam PWI sudah 100 persen menyandang uji kompetensi. Ini sungguh membanggakan di tengah gencarnya media sosial," tukasnya.

Aif menambahkan, saat ini banyak masyarakat yang menuntut agar pers itu bebas. Namun, seolah melupakan sisi lain dari kebebasan tersebut. 

Menurut dia, sisi lain dari kebebasan itu adalah tanggung jawab. Substansi dari tanggung jawab tersebut adalah kode etik jurnalistik. 

"Jadi dalam membuat pemberitaan, harus berperspektif keberagaman, persatuan dan sebagainya. Selain itu, pers harus memberikan pendidikan kepada publik, kontrol sosial, memberikan informasi yang baik," ajaknya.

Meramaikan Hari Pers Nasional tahun 2023, PWI Banyuwangi juga turut merayakan seperti yang dilakukan insan pers di kabupaten/kota di Indonesia. Acara tersebut berlangsung di kantor PWI, Blambangan Banyuwangi, Kamis (9/2/2023).

PWI Banyuwangi merayakan hari pers dengan tasyakuran. Meski sederhana, namun tidak mengurangi semangat dari tema HPN di tahun ini yakni "Pers Bebas Demokrasi Bermartabat".

Dalam kesempatan tersebut, Aif juga mengajak seluruh stakeholder yang hadir agar terus bersinergi untuk Banyuwangi lebih baik.

"Kita tetap ingin membangun Banyuwangi ke depan tetap aman, Banyuwangi menjadi jujugan banyak orang terutama terkait UMKM dan Pariwisatanya," tandas Ketua PWI Banyuwangi dua periode ini.

Sebagai informasi, peringatan HPN 2023 yang digelar PWI Banyuwangi dihadiri Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto, Kasi Humas Polresta Banyuwangi Iptu Agus Winarno, Kapolsek Banyuwangi AKP Kusmin, Ketua IJTI Banyuwangi Syamsul Arifin, perwakilan Kodim 0825, perwakilan Lanal Banyuwangi, dan perwakilan Pemkab.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV