SUARA INDONESIA

Polres Madiun Kota Perkuat Komunikasi Dan Koordinasi Antar Perguruan Pencak Silat

Yoni Setyo Rahmawanto - 31 May 2023 | 10:05 - Dibaca 897 kali
Komunitas Polres Madiun Kota Perkuat Komunikasi Dan Koordinasi Antar Perguruan Pencak Silat
Silaturahmi Kapolres Madiun Kota dengan sejumlah perguruan pencak silat di rumah Ketua Umum IKS PI pusat Madiun. (Foto: Istimewa)

MADIUN, Suaraindonesia.co.id - Komunikasi dan koordinasi menjadi salah satu faktor terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat, utamanya saat adanya kegiatan yang melibatkan pendekar perguruan silat.

Sebab di Kabupaten dan Kota Madiun terdiri dari 14 perguruan pencak silat yang rawan terpicu konflik.

Bahkan dari 14 perguruan silat tersebut, hampir keseluruhannya memiliki padepokan pusat di Madiun. Salah satunya perguruan pencak silat Ikatan Kera Sakti Putra Indonesia (IKS PI).

Perguruan tersebut berdiri pada tahun 1980 di Madiun, tepatnya di Jl. Merpati 45, Kota Madiun dengan guru besarnya bernama Alm. Raden Totong Kiemdarto.

Meski terbilang perguruan pencak silat yang masih muda, namun anggota dan para pendekarnya mencapai 1.130.000 orang yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Demi menciptakan Kamtibmas yang kondusif, Kapolres Madiun Kota, AKBP. Agus Suryanto menjalin silaturahmi dengan berkunjung ke rumah Ketua Umum IKS PI di Jl. Punden, Desa Sendangrejo, Kecamatan/Kabupaten Madiun.

Dalam silaturahmi itu, Kapolres Kota Madiun diterima langsung Ketua Umum IKS PI, Sunarja beserta para pengurus, Camat, Babinsa serta Bhabinkamtibmas setempat.

Kapolres Madiun Kota berpesan, selain menjalin silaturahmi juga saling berkomunikasi dan koordinasi terkait semua kegiatan di perguruan tersebut. Hal tersebut agar tercipta Kamtibmas di wilayah kerjanya.

Karena selama ini, dari semua perguruan pencak silat di wilayah Kota Madiun, sudah terjalin silaturahmi serta koordinasi yang baik sehingga ke depannya Kamtibmas di Kota Madiun akan semakin sejuk dan saling menjadi saudara antar perguruan pencak silat.

"Kita Imbau kepada seluruh ketua dan pengurus perguruan pencak silat agar selalu mengingatkan kepada seluruh adik-adiknya untuk tidak melakukan perbuatan yang melawan hukum yang bisa merugikan orang lain, selain itu kepada pengurus IKS PI pusat Madiun, untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi, sehingga setiap terjadi permasalahan dapat dicari solusinya," ujar AKBP. Agus Suryanto, Rabu (31/05/2023).

Kunjungan silaturahmi dari Kapolres Madiun Kota beserta rombongan, diapresiasi Ketua Umum beserta pengurus IKS PI.

Sunarja siap mendukung kebijakan Kapolda Jatim, terkait aturan larangan kegiatan pencak silat yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan minggu.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yoni Setyo Rahmawanto
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV