SUARA INDONESIA

Gasak Perhiasan, Gerombolan Spesialis Pembobol Rumah Kosong di Purworejo Diringkus Polisi

Widiarto - 07 October 2021 | 13:10
Kriminal Gasak Perhiasan, Gerombolan Spesialis Pembobol Rumah Kosong di Purworejo Diringkus Polisi


PURWOREJO - Satuan Reskrim Polres Purworejo, Jawa Tengah, berhasil mengungkap dan menangkap terduga kawanan gerombolan spesialis pembobol rumah kosong di Kelurahan Kledungkradenan, Kecamatan Banyuurip, Purworejo, pada Rabu (6/10/2021) kemarin.

Setidaknya 4 orang pelaku dari 6 orang yang dicurigai berhasil ditangkap dan digelandang ke Mapolres Purworejo, adapun 2 orang pelaku lainya berhasil melarikan diri saat pengejaran dan masih dalam pencarian petugas.

Kapolres Purworejo, AKBP Fahrurrozi, melalui Kasat Reskrim Polres Purworejo, AKP Agus Budi Yuwono, kepada wartawan menjelaskan, kronologi penangkapan komplotan spesialis rumah kosong itu terjadi bermula dari adanya laporan warga yang menginformasikan jika ada enam orang yang mencurigakan telah menginap di salah satu hotel di wilayah Kutoarjo.

“Adanya laporan tersebut, tim Reskrim Polres Purworejo langsung melakukan pengintaian dan melakukan pemantauan, baik dari tempat mereka menginap sampai menuju di salah satu rumah warga yang menjadi sasaran, yaitu di Kelurahan Kledungkradenan,” ungkap Agus, pada Kamis (7/10/2021).

Saat mereka melakukan aksinya, lanjutnya, tim Reskrim Polres Purworejo langsung melakukan penyergapan hingga terjadilah aksi kejar-kejaran.

"Dalam aksinya, mereka ada yang membawa senjata api, senjata tajam dan juga peralatan untuk melakukan kejahatan lainnya," kata Agus.

Dalam aksi kejar-kejaran itu, para pelaku mengendarai tiga sepeda motor. Pelakupun akhirnya berhasil dilumpuhkan dengan menggunakan timah panas dan ditangkap di daerah Sejiwan tepatnya di Jembatan Desa Trirejo Kecamatan Loano.

"Dari enam orang pelaku, Alhamdulillah empat orang pelaku berhasil kita tangkap, sedangkan dua lainnya lolos melarikan diri. Sampai saat ini kedua pelaku masih kita cari,” ujar Agus.

Disampaikan, berdasarkan pengakuan pelaku, mereka memang spesialis pembobol rumah kosong.  Keenam orang tersebut terdiri atas 5 orang dari Sumatera dan 1 orang dari Jawa Barat.

"Dari pengakuannya, di Purworejo, beberapa lokasi sudah menjadi sasaran aksi mereka, yakni Banyuurip, Kemiri dan Kutoarjo," jelas Agus.

Adapun Barang bukti yang berhasil diamankan, tambahnya, dua unit laptop, perhiasan, jam tangan, serta alat-alat untuk membantu melakukan aksinya.

Saat ini 4 orang kawanan gerombolan spesialis pembobol rumah kosong itu sudah mendekam diruang tahanan Mapolres Purworejo, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas.

"Saya menghimbau kepada masyarakat, untuk selalu waspada ketika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Karena pencuri mengincar rumah kosong saat ditinggal kerja pada siang hari. Mari kita saling peduli serta meningkatkan pam swakarsa di lingkungannya masing-masing,” pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV