SUARA INDONESIA

Polisi Amankan Pelaku Pencurian Mobil di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 16 November 2021 | 12:11
Kriminal Polisi Amankan Pelaku Pencurian Mobil di Banyuwangi

BANYUWANGI- Misanto (42), warga Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, kini harus berurusan dengan polisi.

Misanto diamankan Unit Reskrim Polsek Kalipuro atas dugaan kasus percobaan pencurian sebuah mobil milik warga yang tinggal di Perum Asri, kelurahan setempat.

Penangkapan pelaku berawal dari laporan korban Sahwiyah (40) pada 15 November 2021, karena kehilangan mobilnya jenis Daihatsu AYLA warna kuning dengan Nopol P 1310 XD.

Kapolsek Kalipuro Iptu Hadi Waluyo mengatakan, percobaan pencurian sebuah mobil ini dilakukan pelaku pada dini hari sekitar pukul 01.45 WIB.

Beruntung saat pelaku melakukan aksinya, anak korban yang tertidur di ruang tamu mendengar suara alarm mobil yang berbunyi.

Saat dilihat melalui jendela rumah, anak korban melihat pintu mobil sebelah kanan terbuka. Anak korban kemudian membangunkan ibunya bahwa ada orang yang hendak mencuri mobil.

"Setelah itu pelapor keluar rumah menghubungi tetangga dan Polsek Kalipuro," kata Iptu Hadi, Selasa (16/11/2021).

Mendengar laporan warga, Unit Reskrim Polsek Kalipuro langsung menuju lokasi. Tak butuh waktu kepolisian berhasil membekuk pelaku.

Hadi menyampaikan, berdasarkan keterangan pelaku. Aksi pencurian mobil tersebut sudah direncanakan. 10 hari sebelum kejadian, pelaku mencuri kunci kontak mobil milik korban yang berada di dalam rumah.

"Sebelum melakukan perbuatan pencurian mobil, terlebih dahulu melakukan pencurian di rumah pelapor dengan cara mencukil jendela samping rumah, dan berhasil membawa dua kunci kontak Daihatsu Ayla milik korban beserta STNK," kata Hadi.

Namun pada saat itu, pelaku tidak berhasil membawa kabur mobil korban, karena aki mobil dilepas oleh pemilik.

"Kemudian pada Senin 15 November 2021, tersangka Misanto kembali melakukan pencurian dengan membawa Aki GS dan 3 kunci pas," terang Hadi.

Sebelum mobil dibawa kabur, Pemilik mendengar suara alarm mobil. Berbarengan dengan itu pelaku melarikan diri. 

"Meski sempat melarikan diri, seorang pelaku berhasil kita amankan," kata Hadi.

Dia menyebut, percobaan pencurian itu dilakukan oleh dua orang. Saat ini pelaku berhasil membekuk satu pelaku, dan satunya masih dalam pencarian atau DPO. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV