SUARA INDONESIA

Bupati Sumenep Minta Pabrik Tembakau Beli Tikar Anyaman Daun Lontar Produk Lokal

Wildan Mukhlishah Sy - 03 August 2023 | 14:08 - Dibaca 1.72k kali
News Bupati Sumenep Minta Pabrik Tembakau Beli Tikar Anyaman Daun Lontar Produk Lokal
Bupati Sumenep Achmad Fauzi, (Foto: Imam for Suaraindonesia.co.id)

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo meminta agar pabrik dan gudang tembakau di Kabupaten Sumenep, membeli tikar anyaman daun lontar yang berasal dari masyarakat lokal. 

Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu upaya dalam mengangkat produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat Sumenep, khusunya pada beberapa lokasi yang memproduksi tikar anyaman daun lontar, seperti di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Sumenep. 

"Saya himbau untuk pabrik dan gudang tembakau, bisa membeli tikar daun lontar dari produk lokal," ungkap Achmad Fauzi, kepada sejumlah media, Kamis (03/08/2023). 

Dia menjelaskan, produk UMKM tak hanya perlu untuk dipromosikan ke luar Sumenep, namun harus terlebih dahulu dikenal dan diminati oleh masyarakat lokal. 

Terlebih, politisi dari PDIP tersebut menilai bahwa tikar anyaman daun lontar yang diproduksi oleh warga lokal, memiliki kwalitas yang sangat bagus dan tidak kalah dengan wilayah luar Sumenep. 

Dengan semakin berkembangnya UMKM, maka kata Bupati secara otomatis roda perekonomian akan terus berputar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta membuka lebih banyak peluang kerja bagi warga Sumenep. 

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, mengajak agar seluruh lapisan masyarakat, bisa saling bersinergi dalam mewujudkan hal tersebut. 

"Produknya bagus dan kwalitasnya juga bagus, cintai produk lokal, kita bareng-bareng angkat UMKM Sumenep," tandasnya. 

Diketahui sebelumnya, selama musim panen tembakau kali ini, harga tikar anyaman daun lontar di Kabupaten Sumenep mencapai sekitar Rp 32 ribu hingga Rp 35 ribu. Angka itu terpantau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2022 lalu. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV