SUARA INDONESIA

Warga Banyuwangi Ditangkap Setelah Berburu Hewan di Taman Nasional Baluran Situbondo

Syamsuri - 15 March 2024 | 20:03 - Dibaca 843 kali
News Warga Banyuwangi Ditangkap Setelah Berburu Hewan di Taman Nasional Baluran Situbondo
Petugas menunjukkan potongan daging yang diduga merupakan satwa yang dilindungi di area Taman Nasional Baluran Situbondo. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO – Mohammad Totok Dianto, warga Dusun Karanganyar, Desa Bajulmati, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, diamankan ke Polsek Wongsorejo, Kamis malam 14 Maret kemarin.

Pria 53 tahun itu kedapatan memburu hewan yang dilindungi di area Taman Nasional Baluran Situbondo.

Informasi yang diterima media ini, kasus tersebut diketahui ketika ada seorang warga yang melaporkan Mohammad Totok Dianto kepada petugas Polisi Hutan (Polhut) Taman Nasional Baluran Situbondo, atas dugaan perburuan liar satwa yang dilindungi.

Koordinator Polhut Taman Nasional Baluran Situbondo, Sophaan Arief Suprihandoko menjelaskan, setelah menerima laporan dugaan tindak pidana perburuan liar, petugas kemudian langsung mencari informasi kediaman pelaku.

“Kami menindaklanjuti laporan tersebut dengan mengecek di rumah terlapor bersama anggota yang lain,” ujarnya, Jumat (15/03/2025).

Petugas mendatangi rumah pelaku pada Kamis malam sekitar pukul 20.30 WIB. Saat tiba di rumah tersebut, aparat meminta izin untuk masuk ke dalam rumah terlapor.

“Setelah ditelusuri, ternyata benar ada daging hewan yang diduga lutung. Daging itu disimpan di dalam freezer dan di dalam kamar mandi,” beber Sophaan.

Atas perbuatan itu, pelaku dijerat dengan Pasal 21 ayat (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem.

“Setelah melakukan pemeriksaan, kami berkoordinasi dengan Polsek Wongsorejo. Kemudian, pelaku dan barang bukti kami bawa ke polsek,” jelasnya.

Sophaan menambahkan, atas perbuatan tersebut, pelaku terancam hukuman pidana paling lama lima tahun penjara, serta denda Rp 100 juta. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV