SUARA INDONESIA

Aliansi Masyarakat Jombang Harapkan Pemimpin yang Peka Kebutuhan Rakyat

Gono Dwi Santoso - 23 April 2024 | 17:04 - Dibaca 795 kali
News Aliansi Masyarakat Jombang Harapkan Pemimpin yang Peka Kebutuhan Rakyat
Wakil Ketua AMJ Mohammad Chusen saat diskusi dengan KPU dan Bawaslu di kantor Kesbangpol Jombang awal tahun 2024 lalu. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Tak lama lagi, pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akan digelar. Masyarakat pun mulai menakar siapa pemimpin yang layak menakhodai daerahnya masing-masing. Tak terkecuali, masyarakat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Wakil Ketua Aliansi Masyarakat Jombang (AMJ) Mohammad Chusen mengatakan, rakyat perlu sosok pemimpin yang cakap dan peka terhadap kebutuhan dan kesulitan warga. Baik yang tinggal di pelosok desa maupun di perkotaan. Selain itu, juga mampu mengakomodasi kepentingan-kepentingan masyarakat di kabupaten setempat.

Menurutnya, seorang kepala daerah yang nanti akan terpilih akan memiliki beban mengarahkan penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat, melalui pemenuhan dan peningkatan layanan dasar yang setiap tahun harus meningkat. “Khususnya kesehatan dan pendidikan,” katanya, Selasa (23/4/2024).

Bagi Chusen, calon pemimpin nanti harus memiliki konsep pemberdayaan, serta mampu mengeksekusi gagasan itu dalam bentuk program. Selain itu, juga harus memiliki kemampuan menggerakkan partisipasi masyarakat agar Kabupaten Jombang memiliki daya saing, bahkan melampaui kabupaten atau kota lain.

Tak hanya itu, calon kepala daerah yang akan datang juga diharapkan mampu menampung dan menerima masukan dari semua lapisan masyarakat, serta kritik dan saran yang membangun bagi Kabupaten Jombang ke depannya.

"Semoga pilkada serentak nanti memunculkan sosok calon kepala daerah yang kapabel dan berintegritas, sehingga berani memberikan terobosan untuk kemajuan Kabupaten Jombang lima tahun mendatang," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV