SUARA INDONESIA

Pengamat Sepak Bola Berharap Liga 2 Tetap Berlanjut, Ini Pertimbangannya

Muhammad Nurul Yaqin - 28 January 2023 | 21:01 - Dibaca 1.20k kali
Olahraga Pengamat Sepak Bola Berharap Liga 2 Tetap Berlanjut, Ini Pertimbangannya
Pengamat Sepak Bola, Imanuel Juliman.

SUARAINDONESIA - Manajemen klub dan pemain sepak bola masih ketar-ketir menunggu kepastian jadwal keberlanjutan kompetisi Liga 2 2022/2023. 

Pasalnya kepastiannya baru akan diputuskan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, 16 Februari 2023 mendatang.

Keinginan sebagian besar klub peserta Liga 2 2022-2023 kompetisi masih terus berjalan, terlebih kompetisi sudah lama dihentikan karena pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh PSSI setelah pertemuan pemilik klub Liga 2 yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, rampung pada Selasa (24/1/2023) lalu. 

Sementara, pengurus baru lah yang nantinya akan memutuskan kejelasan terkait kelanjutan Liga 2 2022/2023.

Pengamat sepak bola nasional, Imanuel Juliman menaruh harapan besar agar kompetisi kasta kedua sepak bola Tanah Air dapat berlanjut, sebagaimana keinginan mayoritas klub Liga 2.

Pria asal Tangerang itu mengatakan, kasihan klub-klub Liga 2 yang sudah serius mempersiapkan segala sesuatunya, baik dari sisi finansial maupun pemain, untuk menghadapi kompetisi.

"Harapan besar saya, kompetisi sepak bola Tanah Air baik Liga 1, Liga 2 hingga Liga 3 dapat digulirkan secara ideal. Liga 1 ya harus tetap ada degradasi, Liga 2 dilanjutkan dengan promosi dan degradasi, demikian pula hingga Liga 3," ucapnya, berdasarkan keterangan yang diterima media ini.

Kendati demikian, Imanuel tak menampik bahwa dampak pemberhentian kompetisi akan menimbulkan efek domino yang berbeda-beda bagi setiap klub.

"Ada klub yang memiliki dukungan finansial yang kuat. Tapi disisi lain, juga ada yang benar-benar harus memulai perjuangannya dari nol untuk bisa ikut di Liga 2. Tentu, dampak yang dirasakan masing-masing klub akan berbeda," ujar pria yang pernah memenangkan lelang jersey Bali United, pada masa pandemi Covid-19 lalu.

Menurutnya, keberadaan Liga 2 dan Liga 3 penting sebagai wadah untuk mengembangkan kualitas pemain. Bahkan tak jarang, pemain-pemain Liga 1 datang dari Liga 2 dan Liga 3.

"Pemberhentian kompetisi di tengah jalan tidak adil bagi klub yang sejak awal serius berkompetisi, bagi klub yang kini menempati peringkat atas yang jelas punya kans untuk promosi. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan klub yang berada di bawah," jelasnya.

Adapun lanjutan Liga 2 2022/23 yang diusulkan kembali bergulir pada 24 Februari 2023, dilaksanakan dengan sistem gelembung (bubble) di wilayah Jawa Tengah.

Namun, andai dilanjutkan, Liga 2 kemungkinan akan kembali terjeda di tengah jalan, sebab bertepatan dengan bulan puasa dan agenda Piala Dunia U20 2023.

Di samping Liga 2, KLB PSSI nantinya juga akan menetapkan kelanjutan putaran nasional Liga 3 2022-2023 dan adanya promosi-degradasi di Liga 1 hingga Liga 3. KLB PSSI akan berjalan pada 16 Februari 2023.

Di sana akan ada pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Exco PSSI periode 2023-2027.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV