SUARA INDONESIA

Tidak Mau Pindah, Pedagang Pasar Youtefa Temui Ketua DPRD Kota Jayapura

Mustakim Ali - 03 November 2020 | 13:11 - Dibaca 1.11k kali
Pemerintahan Tidak Mau Pindah, Pedagang Pasar Youtefa Temui Ketua DPRD Kota Jayapura
Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo (kanan) saat menemui pedagang di Pasar Youtefa, Selasa (03/11/2020).

JAYAPURA - Menolak untuk pindah, sejumlah perwakilan pedagang Pasar Youtefa Menemui Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH. di Kantor DPRD Kota Jayapura, Selasa (03/11/2020).

Dalam pertemuan tersebut dilangsungkan audiens antara Ketua DPRD Kota Jayapura dengan sejumlah perwakilan para pedagang yang dipimpin oleh ketua himpunan pedagang Pasar Youtefa, Muh. Thamrin Ruddin guna menanggapi surat dari Dinas Perindagkop perihal pemindahan para pedagang Pasar Youtefa ke Pasar Youtefa yang baru di Otonomi dalam waktu dekat, dan audiens berlangsung di ruangan Rapat DPRD.

Dalam kesempatannya, ketua himpunan pedagang Pasar Youtefa, Muh. Thamrin Ruddin menyampaikan bahwa semua pedagang sudah sepakat untuk tidak mau dipindahkan ke pasar yang baru, tentunya dengan alasan yang jelas. Hal ini diakuinya merupakan hasil kesepakatan bersama semua pedagang di Pasar Youtefa.

"Hasil rapat kami tadi malam bersama dengan pedagang, semuanya sepakat tidak mau pindah jika dilakukan bertahap. Jika dipindahkan sekaligus itu ada tapinya, Pemerintah sudah menyiapkan semua fasilitas yang memadai di sana sehingga para pedagang merasa nyaman dan layak untuk berjualan,"ujar Thamrin usai audiensi dengan Ketua DPRD Kota Jayapura.

Lanjut Thamrin, pada intinya pedagang bukan tidak mau pindah, tapi mereka bersedia asalkan semua infrastruktur atau fasilitas pasar dilengkapi terlebih dahulu.

"Jika dipaksakan untuk pindah, yang pasti mereka (pedagang) tidak akan mau, dan siapa yang mau berjualan disana kalo mereka merasa tidak nyaman,"tuturnya.

Menurut Thamrin, seharusnya pemerintah dalam hal ini Dinas Perindagkop harus bangun komunikasi yang baik dengan para pedagang, entah itu melalui diskusi, audiens atau yang lainnya. Sehingga semua persoalan yang ada di pasar bisa diselesaikan secara musyawarah dan kesepakatan bersama.

"Karena kalo kita bangun komunikasi yang aktif, pasti akan tau keluhan para pedagang yang sebenarnya seperti apa, sehingga tidak menimbulkan persoalan seperti saat ini, dan saya yakni semua akan berjalan dengan baik,"bebernya.

Dikesempatan yang sama juga Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH mengatakan bahwa para pedagang pasar Youtefa datang untuk menyampaikan aspirasi atau keberatan atas isi surat dari Dinas Perindagkop terkait pemindahan pedagang Youtefa ke pasar yang baru di Otonom dalam waktu dekat atau Minggu ke-dua bulan November ini.

"Pada Bulan Februari lalu DPRD sempat meninjau pasar baru itu dan kondisinya belum layak untuk ditempatkan, dan hari ini juga para pedagang ini menyampaikan keluhan yang sama,"tutur Abisai.

Lanjut Abisai, atas aspirasi dari para pedagang ini DPRD akan menyurati Dinas Perindagkop Kota Jayapura untuk meneruskan apa yang menjadi keluhan atau keberatan para pedagang untuk dipindahkan.

"Dari hasil audiens ini, DPRD bersama pedagang sepakat untuk sementara pedagang belum bisa dipindahkan,"bebernya

Dasar kesepakatan tersebut menurut Abisai Rollo dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti, penyebaran Covid-19 yang masih marak, kurang memadainya fasilitas pasar seperti yang dikeluhkan para pedagang, dan beberapa hal lainnya.

"Dipasar Youtefa dulukan pernah dilakukan Rapid Test bagi para pedagang, dan saya rasa kita tau bersama hasilnya seperti apa, jadi kalo bisa rencan pemindahan pedagang ini di pertimbangkan lagi,"paparnya.

Selain itu juga dirinya berharap Pemerintah dalam hal ini Dinas Perindagkop Kota Jayapura diharapkan penuhi keluhan para pedagang terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk dipindahkan.

"Pedagang ini kan manusia juga, jadi perhatikan terlebih dahulu kelayakan fasilitas pasar, baru disuruh pindah, supaya mereka bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman,"ungkapnya.

Ondoafi Skow Yambe itu menambahkan, Kita sebagai pemimpin itu baik DPRD, Walikota, dan Kepala Dinas dan yang lainnya itu harus melayani masyarakat dengan baik, karena masyarakat itu adalah raja yang kita harus layani sepenuhnya, buat mereka nyaman dan tentram.

Usai audiensi, Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo SH didampingi ketua himpunan pedagang Pasar Youtefa, Muh. Thamrin Ruddin beserta sejumlah para pedagang langsung menemui dan mendengarkan secara langsung keluhan para pedagang di pasar Youtefa dan dilanjutkan peninjauan lokasi pasar Youtefa yang baru.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024