SUARA INDONESIA

Bupati Jombang Rayakan Panen Raya Padi di Kesamben

Gono Dwi Santoso - 12 March 2023 | 08:03 - Dibaca 1.09k kali
Pemerintahan Bupati Jombang Rayakan Panen Raya Padi di Kesamben
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab bersama Forkopimda kabupaten Jombang dan dinas pertanian Jombang melaksanakan Panen Padi Nusantara di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Sabtu (11/03/2023).

JOMBANG - Setelah dua tahun petani gagal panen karena serangan hama tikus ,kini warga Desa Kendalsari dan Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang akhirnya bisa panen raya padi karena serangan hama tikus.

Dimana dalam panen raya tersebut, dihadiri Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab bersama Forkopimda kabupaten Jombang melaksanakan Panen Padi Nusantara di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Sabtu (11/03/2023).

Panen yang dilakukan oleh Bupati Jombang ini bersamaan dengan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar yang dilaksanakan oleh Presiden RI, Joko Widodo di Ngawi, Jawa Timur.

Dalam sambutannya Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menjelaskan, peran asosiasi komoditas yang telah dibentuk sebagai salah satu sarana untuk melakukan pembelian di tingkat petani diharapkan untuk lebih dioptimalkan, dengan didukung oleh para petugas yang ada di lapangan. 

Terlebih lagi tantangan yang dihadapi petani cukup besar dari adanya dampak perubahan iklim, potensi banjir saat musim hujan, serta potensi meningkatnya serangan hama penyakit tanaman dapat menjadi kendala bagi petani.

Demikian juga dengan ketersediaan pupuk, serta kelangkaan ketersediaan BBM untuk alat mesin pertanian juga menjadi perhatian kita bersama, terangnya.

Bupati Jombang mengatakan,saat ini para petani telah memasuki masa panen Padi dan pada bulan Maret sampai April ini, panen raya akan terjadi di Kabupaten Jombang.

“Harapan saya, tentu harapan kita semua, panen Padi tahun ini produktivitas lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Bupati Jombang.

Bupati menjelaskan, selain produktivitas Padi yang lebih tinggi, tahun ini para petani juga bisa menikmati harga yang lebih baik .Tentu kita berharap situasi seperti saat ini bisa kita pertahankan. 

"Jangan sampai ada petani yang mendapatkan harga panen di bawah standar. Saya sampaikan kepada dinas pertanian supaya aktif memantau harga panen Padi,” tandasnya.

Bupati menjelaskan untuk, panen raya kali ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Jombang. Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar dilakukan serentak di 10 provinsi dan 66 kabupaten/kota se-Indonesia."Kita patut berbangga Kabupaten Jombang ada di dalamnya,” terangnya.

Bupati mengatakan khusus untuk Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben dan Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Bupati Jombang mengucapkan selamat karena pada musim ini sudah bisa menikmati hasil panen yang baik, setelah 3 tahun sering gagal panen karena serangan hama Tikus.

“Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendampingi para petani sehingga serangan hama tikus bisa dikendalikan,” tandasnya.

Bupati berharap Panen Raya Nusantara tahun ini akan menjadi bukti pencapaian serta keberhasilan para petani, Poktan-Poktan, penyuluh dan seluruh pelaku usaha pertanian dari hulu hingga hilir yang telah berhasil meningkatkan produktivitas Padi khusus nya di Kabupaten Jombang.

“Semoga hasil dari Panen Raya Nusantara Padi tahun ini dapat memberi manfaat bagi kesejahteraan petani dan juga membantu mensukseskan program ketahanan pangan di Indonesia, pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024