SUARA INDONESIA

STIE Mandala Jember Gelar Webinar Optimalkan Peran Mahasiswa untuk Pembangunan Desa

Wildan Mukhlishah Sy - 25 February 2021 | 18:02 - Dibaca 1.85k kali
Pendidikan STIE Mandala Jember Gelar Webinar Optimalkan Peran Mahasiswa untuk Pembangunan Desa
Foto: Penyampaian materi saat webinar di aula lantai 2 STIE Mandala Jember, Kamis (25/2/2021).

JEMBER- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember, menggelar webinar yang bertujuan untuk memaksimalkan peran mahasiswa dalam pembangunan desa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di auditorium lantai 2 STIE Mandala Jember, Kamis (25/2/2021).

Presiden Mahasiswa STIE Mandala Jember Mochammad Fachrur Roziq memberikan pengantar, bahwa dirinya sangat menyayangkan jika ada desa yang memiliki mahasiswa lulusan dari kampus terbaik, namun tidak bisa berbuat apa-apa untuk desanya sendiri.

“Banyak di daerah-daerah itu memiliki Mahasiswa lulusan dari kampus terbaik, namun ternyata sumber daya manusia dan pendapatannya tetap rendah. Salah satu penyebabnya adalah para agen of change yang bisa merubah tatanan masyarakat yang ada saat ini memilih untuk tidak pulang ke desa dengan berbagai alasan seperti malu atau lebih menikmati hidup di suasana perkotaan,” ujarnya.

Selanjutnya, Roziq menambahkan, dengan adanya kegiatan webinar yang mengusung tema “Peran Penting Mahasiswa Kembali ke Desa” , pihaknya ingin mengembalikan keyakinan bahwa membangu desa merupakan tanggung jawab bersama begitupun Mahasiswa.

“Kami ingin mengembalikan marwah bahwa membangun desa itu adalah tanggung jawab bersama, semua orang termasuk Mahasiswa juga,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua STIE Mandala Jember Dr. Suwignyo Widagdo, SE, MM, MP mengapresiasi kegiatan yang merupakan inisiatif Mahasiswa tersebut. Menurutnya hal itu dapat memberikan stimulus yang baik pada minat untuk belajar di masa pandemi.

“Sangat mengapresiasi tentunya, ini adalah inisiatif dari mahasiswa dan menurut saya acara ini sangat luar biasa dapat memberikan stimulus bagi minat belajar yang mulai menurun karena tidak adanya proses tatap muka. Jadi kegiatan yang bersifat akademisi seperti ini sangat membantu sekali,” ungkapnya.

Sebanyak tiga puluh peserta hadir di ruang acara dengan melakukan penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, sementara 250 peserta lainnya mengikuti kegiatan secara online.

Untuk diketahui, dalam seminar tersebut diisi langsung oleh sejumlah pemateri handal. Diantaranya Ketua STIE Mandala Jember Dr. Suwignyo Widagdo, SE, MM, MP, Anggota Komisi X DPR RI H. Muhammad Nur Purnamasidi dan Bupati Jember Terpilih H. Hendy Siswanto yang menyampaikan materi melalui daring. (Wildan)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV