SUARA INDONESIA

Ratusan Peserta KKN Unirow Tuban Diberangkatkan, Begini Pesan Bupati Lindra

M. Efendi - 22 July 2021 | 15:07 - Dibaca 1.25k kali
Pendidikan Ratusan Peserta KKN Unirow Tuban Diberangkatkan, Begini Pesan Bupati Lindra
Terlihat Bupati Lindra saat memberikan pesan kepada peserta KKN melalui daring dan didengarkan langsung oleh Rektor Unirow (Irqam/Suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi dan akan diikuti oleh 405 mahasiswa yang berlangsung mulai 22 Juli hingga 22 Agustus 2021 mendatang, Kamis (22/7/2021). 

Pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan di 3 kabupaten yang tersebar di 25 desa atau kelurahan, diantaranya di 5 desa di Kabupaten Lamongan, Tuban dan Rembang, Jawa Tengah. 

Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unirow Tuban Hendra Suwardana, menjelaskan bahwa tema KKN Tematik Tahun ini adalah "Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Kampung Tangguh Di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka". Tema ini diambil atas dasar perhatian UNIROW terhadap kondisi kekinian yang ada di sekitar kita. 

"Sehingga harapannya dengan adanya KKN ini dapat membantu tugas-tugas pemerintah dalam melakukan penanggulangan pandemi Covid-19 serta memberikan semacam blue print terhadap pengembangan potensi ekonomi lokal yang ada kepada pemerintah," jelas Hendra.

Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani, memberikan apresiasi yang tinggi atas terselanggaranya kegiatan ini. Ia juga menjelaskan bahwa KKN menjadi program utama dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan tujuan utama menghasilkan lulusan dan kompetensi lulusan yang mengikuti zaman. 

"KKN ini memiliki tiga tugas utama dalam bersinergi dengan Pemerintah Daerah, yaitu membantu pencegahan penyebaran Covid-19, dan menggali potensi lokal daerah serta menggali potensi desa," jelasnya.

Prof. Dian juga berharap bahwa, adanya KKN Unirow Tuban ini dapat membantu dan bersinergi dengan Pemkab Tuban untuk dapat menjalankan program-programnya melalui konsep Pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasinya bahwa Unirow, meski di tengah kondisi Covid-19 yang mengganggu masyarakat, namun mahasiswa unirow sangat bersemangat membantu masyarakat dalam penanggulangan Covid-19. Selain itu, adanya tiga tugas utama yang disampaikan oleh Rektor Unirow juga dapat menjadi salah satu bentuk sinergi Pemerintah Kabupaten dan Universitas. 

"Tema KKN Unirow sangat luar biasa, yang salah satunya menggali potensi desa. Hal ini sesuai dengan program kami yaitu satu desa satu unggulan," jelas Bupati Tuban.

Bupati Lindra juga berpesan bahwa, mahasiswa dan mahasiswi Unirow yang ditempatkan di beberapa desa bisa memberikan edukasi sedetail-detailnya dan dapat mengkomunikasikan secara baik kepada masyarakat dalam menyelesaikan pandemi Covid-19. (Irq). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV