SUARA INDONESIA

Tingkatkan Intelektual Mahasiswa, FEBI UIN KHAS Jember Adakan Sekolah Legislasi 

Wildan Mukhlishah Sy - 27 September 2021 | 19:09 - Dibaca 1.78k kali
Pendidikan Tingkatkan Intelektual Mahasiswa, FEBI UIN KHAS Jember Adakan Sekolah Legislasi 
Kegiatan sekolah legislasi dan webinar nasional yang dilaksanakan oleh SEMA FEBI UIN KHAS Jember.(Foto: Humas UIN KHAS Jember)

JEMBER- Sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuannya di bidang ekonomi, para anggota Senat Mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisinis Islam (SEMA FEBI) Universitas Islam negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, menggelar sekolah legislasi dan webinar nasional. 

Kegiatan yang merupakan program kerja dari Komisi A SEMA FEBI tersebut, dilaksanakan di Lantai Dua Gedung Kuliah Terpadu (GKT), Senin (27/9/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Ketua Umum SEMA FEBI UIN KHAS Jember Noval Andika R.F menjelaskan, agenda tersebut memang telah ditetapkan oleh Republik Mahasiswa (RM) FEBI. Menurutnya, materi yang akan disampaikan meliputi servant leadership dan trias politica yang diharapkan dapat diterapkan oleh mahasiswa. 

"Agar bisa memahami dan mempunyai pandangan tentang konsep yang akan digunakan nanti di organisasi RM FEBI," jelasnya. 

Noval menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut juga untuk membentuk kredibilitas legislator muda dalam pembangunan ekonomi nasional menuju sustainable development goals (SDGs), yang tidak hanya berisikan wacana namun juga implementasi. 

Melalui semangat pemuda yang akan bergerak dalam penataan serta pembangunan ekonomi, mahasiswa dapat menjadi tumpuan utama agar Indonesia lebih maju. 

"Peran pemuda sangat penting, kalau dari sekarang belum dipersiapkan ya cita-cita negara kita untuk mencapai SDGs yang sesungguhnya tidak akan berhasil," ujarnya. 

Sementara itu, Dekan FEBI UIN KHAS Jember Dr Khamdan Rifa’i mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswanya. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi wadah bagi pengembangan intelektual yang dimiliki oleh mahasiswa FEBI. 

“Atas nama pimpinan, tentunya kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena bisa menjadi wadah pengembangan intelektual yang dimiliki oleh mahasiswa FEBI,” ungkapnya. 

Dirinya meminta agar mahasiswa tetap memegang tehuh komitmen untuk memajukan Organisasi Mahawasiswa (Ormawa) FEBI, dengan menghadirkan konsep yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga dapat meciptakan perubahan dan warna yang baru bagi fakultas. 

“Kami berharap kawan-kawan mahasiswa tetap berpegang kuat pada komitmen untuk senantiasa memajukan Ormawa FEBI dengan cara yang berbeda dari sebelumnya,” imbuhnya. 

Dalam kegiatan ini, SEMA FEBI menggandeng sejumlah narasumber yang berkompeten di bidangnya, untuk memberikan materi kepada peserta. Diantaranya, Angota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Jawa Timur Lailatul Qodriyah, Direktur Utama PT. Utama Rafika Abyudaya Sadajiwa, Kepala Sub Bagian KPID Sekejen DPD-RI Jawa Timur dan beberapa lainnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV