SUARA INDONESIA

Sujud Tilawah, Rukun, Syarat dan Do'a Serta Ayat-Ayat Sajdah Yang Menyebabkannya

Wilda Natasya - 04 November 2021 | 20:11
Pendidikan Sujud Tilawah, Rukun, Syarat dan Do'a Serta Ayat-Ayat Sajdah Yang Menyebabkannya

JEMBER-Al-Qur'an memiliki ayat-ayat Sajdah, yang jika membacanya maka disunahkan untuk melakukan sujud tilawah.

Sujud tilawah sendiri dikutip dari buku Fiqih Islam karya Sulaiaman Rasjid, ialah sujud bacaan, disunahkan bagi mereka yang membaca ayat Sajdah, maupun yang mendengarnya.

Jika pada salat berjamaah, imam membaca ayat Sajdah, kemudian ia sujud Tilawah, maka makmum yang berada di belakangnya pun harus ikut melakukan sujud. Namun, jika imam tidak melakukaanya, maka makmum juga harus mengikutinya. Begitupula jika ayat Sajdah dibaca diluar salat. 

Dari hadis Nabi dijelaskan bahwa Rasulullah bersujud setelah membaca ayat Sajdah.

"Dari Ibnu Umar sesungguhnya Nabi SAW pernah membaca Al-Qur'an di depan kami ketika bacaannya sampai pada ayat Sajdah, Beliau takbir, lalu sujud, maka kami pun sujud bersama-sama beliau," HR Tirmizi.

Rasulullah juga menjelaskan bahwa barangsiapa yang membaca ayat Sajdah kemudia ia sujud, maka setan-setan berlari sambil menangis menghindarinya.

"Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW telah berkata, "Apabila manusia membaca ayat Sajdah, kemudian ia sujud, menghindarlah setan dan ia menangis seraya berkata, 'Hai celaka! Anak Adam (manusia) disuruh sujud, lantas ia sujud, maka baginya surga, dan saya disuruh sujud juga, tetapi saya enggan (tidak mau), maka bagi saya neraka," HR Muslim.

Sujud Tilawah yang dilakukan diluar salat memiliki empat rukun, yakni: Niat, takbiratul ihram, sujud dan memberi salam sesudah duduk.

Sebagian ulama berpendapat bahwa syarat melakulan sujud tilawah diluar salat haruslah dalam keadaan suci sebagaimana saat sedang salat. Namun, adapula ulama yang berpendapat bahwa suci dari hadas serta najis, baik badan, pakaian dan tempat tidaklah diisyaratkan untuk sujud Tilawah diluar salat.

Do'a saat sujud Tilawah

سجد ووجهي للذي خلقه و شق سمعه و بصره بحوله وقوته 

Sajjada wa wajhiya lilladzii khlaqahu wa syaqqa sam'ahu wa basharahu bihaulihi wa quwwatih

Artinya: Aku sujud kepada Tuhan yang menjadikan diriku, Tuhan yang membukakan pendengaran dan penglihatan dengan kekuasaan-Nya. HR Tirmidzi

Adapun ayat-ayat Sajdah dalam Al-Qur'an terdapat di 15 tempat yang tersebar dalam surah-surah berikut:

1. QS Al-A'raf 206

ان الذين عند ربك لا يستكبرون عن عبادته و يسبحونه وله يسجدون (الاعرف ٢٠٦)

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang ada di sisi Tuhanmu tidak merasa enggan untuk menyembah Allah dan mereka menyucikan-Nya dan hanya kepada-Nya mereka bersujud.

2. QS Ar-Ra'du 15

و لله يسجد من في السموات والارض طوعا و كرها وظلا لهم بالغدو و الاصال (الرعد ١٥)

Artinya: Dan semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di bumi baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayang mereka pada waktu pagi dan petang hari.

3. QS An-Nahl 50

يخافون ربهم من فوقهم و يفعلون ما يوء مرون (النحل ٥٠)

Artinya: Mereka takut kepada Tuhan yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan kepada mereka.

4. QS Al-Isra' 109

ويخرون للاذقان يبكون ويزيد هم خشوعا (١٠٩)

Artinya: Dan mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.

5. QS Maryam 58

الاءك الذين انعم الله عليهم من النبين من ذرية ادم و ممن حملنا مع نوح و من ذرية ابراهيم و اسراءيل و ممن هدينا و اجتبينا اذا تتلي عليهم ايات الرحمان خرواسجدا وبكيا (مريم ٥٨)

Artinya: Mereka itulah orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu dari (golongan) para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh dan dari keturunan Ibrahim dan Ismail (Ya'qub) dan dari orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pengasih kepada mereka maka mereka tunduk sujud dan menangis.

6. QS Al-Hajj 18

الم تر ان الله يسجد لهمن في السموات ومن في الارض و الشمس و القمر و النجوم و الجبال و الشجر و الدواب و كثير من الناس و كثير حق عليه العذاب و من يهين الله فما له من منكر ان الله يفعل ما يشاء (الحج ١٨)

Artinya: Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorangpun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

7. QS Al-Hajj 77

يا ايها الذين امنوا اركعوا وسجدوا و اعبدوا ربكم و افلو تلخير لعلكم تفلحون (الحج ٧٧)

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman rukuklah, sujudlah dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan, agar kamu beruntung.

8. QS Al-Furqan 60

و اذا قيل لهم اسجدوا للرحمان قالو و ما الرحمان انسجد لما تاء مرونا و زاد هم نفور (الفرقان ٦٠)

Artinya: Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Sujudlah kepada Yang Maha Pengasih," Mereka menjawab, "Siapakah Yang Maha Pengasih itu? Apakah kami harus sujud kepada Allah yang engkau (Muhammad) perintahkan kepada kami (bersujud kepada-Nya) dan mereka makin jauh lari (dari kebenaran).

9. QS An-Naml 26

الله لا اله الا هو رب العرش العظيم(النمل ٢٦)

Artinya Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia, Tuhan yang mempunyai 'Arasy yang agung.

10. QS As-Sajdah 15

انما يوءمن باياتنا الذين اذا ذكروا بها خروا سجدا و سبحوا بحمد ربهم و هم لا يستكبرون ( السجدة ١٥)

Artinya: Orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, hanyalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan (ayat-ayat Kami) mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya dan mereka tidak menyombongkan diri.

11. QS Sad 24

قالزلقد ظلمك بسوءال نعجتك الي نعاجه و ان كثيرا من الخلطء ليبغي بعدهم علي بعض داود انما فتناه فاستغفر ربه و خر راكعا و اناب (ص ٢٤)

Artinya: Dia (Dawud) berkata, "Sungguh, dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk (ditambahkan) kepada kambingnya. Memang banyak di antara orang-orang yang bersekutu itu berbuat zalim kepada yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; dan hanya sedikitlah mereka yang begitu." Dan Dawud menduga bahwa Kami mengujinya; maka dia memohon ampunan kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertobat.

12. QS Fussilat 38

فان استكبروا فالذين عند ربك يسبحون باليل و النهار وهم لا يسءمون (فصلت ٣٨)

Artinya: Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu Bmvertasbih kepada-Nya pada malam dan siang hari, sedangkan mereka tidak pernah jemu.

13. QS An-Najm 62

فاسجدوا لله و اعبدوا (النجم ٦٢)

Artinya: Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia).

14. QS Al-Insyiqaq 21

و اذا قرء عليهم القران لا يسجدون (الانشقاق ٢١)

Artinya: Dan dan apabila Al-Qur'an dibacakan kepada mereka mereka tidak (mau) bersujud.

15. QS Al-'Alaq 19

كلا لا تطغه و اسجد و اقترب (العلق ١٩)

Artinya: Sekali-kali tidak! Janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah serta dekatkanlah (dirimu kepada Allah). (Ree/Wil)

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV