SUARA INDONESIA

Ketua Kwarcab Kota Tegal Lantik 1446 Pramuka Garuda dari Berbagai Tingkatan

Ade Windiarto - 20 March 2023 | 16:03 - Dibaca 1.97k kali
Pendidikan Ketua Kwarcab Kota Tegal Lantik 1446 Pramuka Garuda dari Berbagai Tingkatan
Ketua Kwarcab Kota Tegal Kak M Jumadi melantik 1446 Pramuka Garuda di Kota Tegal (Foto: Ade W/suaraindonesia.co.id)

TEGAL - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tegal melaksanakan kegiatan pelantikan Pramuka Garuda tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, bertempat di Bumi Perkemahan Bahari Kota Tegal, Komplek Pantai Alam Indah (PAI), Senin (20/3/2023). 

Proses pelantikan dilakukan oleh Ketua Kwarcab Kota Tegal sekaligus Wakil Wali Kota Tegal, Kak M Jumadi, ST.,MM dan dihadiri Wakil Ketua Bidang Pembinaan Satuan Kwarda Jawa Tengah, Kak Ir. Agung Suparyoko beserta Andalan Kwarda Jateng, pengurus Kwarcab Kota Tegal beserta Andalan Kwarcab Kota Tegal. 

Sejumlah 1446 Pramuka tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega dilantik karena telah mencapai kecakapan level paling tinggi dimasing-masing tingkatan. 

"Saya mengucapkan selamat kepada adik-adik yang sudah dilantik menjadi Pramuka Garuda, junjung tinggi sportifitas dan jaga semangat agar tetap menyala dalam dada kalian anggota Pramuka," ucap Ketua Kwarcab Kota Tegal. 

Kak Jumadi juga menyampaikan bahwa Kwarcab Kota Tegal telah mencapai target dalam pembentukan Pramuka Garuda sebagaimana hasil keputusan Musda Gerakan Pramuka Jawa Tengah tahun 2018 lalu.

"Peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya dan memenuhi persyaratan, maka berhak mengajukan permohonan kepada kwartir melalui gudepnya untuk mengikuti uji kelayakan menjadi Pramuka Garuda," terangnya. 

Sementara Kak Agung Suparyoko mewakili Ketua Kwarda Jawa Tengah menyampaikan apresiasi kepada Kwarcab Kota Tegal atas pencapaian yang telah ditetapkan berdasarkan program Kwarda Jawa Tengah. 

"Kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kwarcab Kota Tegal untuk bisa melahirkan Pramuka Garuda, yang merupakan tingkatan anak didik Pramuka yang paling tinggi dan telah mencapai kecakapan," kata Waka Bina Satuan Kwarda Jateng, Kak Agung. 

Atas nama Kwarda Jateng, Kak Agung berharap, para adik-adik Pramuka Garuda harus bisa menjadi teladan bagi teman-teman Pramuka lainnya. 

"Program Pramuka Garuda di Kwarda Jateng adalah capaian yang ingin kita peroleh dalam kurun waktu 5 tahun dari 2018 hingga 2023, harapannya bisa mencapai 50 ribu Pramuka Garuda," jelasnya. 

Menurut Kak Agung, posisi sekarang sudah mencapai 49 ribu Pramuka Garuda dan tersebar di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. 

"Insya Allah hingga akhir tahun akan mencapai 50 ribu Pramuka Garuda dari seluruh Kwarcab yang ada di Jawa Tengah," pungkasnya. (Ade W)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ade Windiarto
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV