SUARA INDONESIA

YPK Tanah Papua Komitmen Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa

Mustakim Ali - 20 July 2023 | 21:07 - Dibaca 732 kali
Pendidikan YPK Tanah Papua Komitmen Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa
Ketua BP YPK Tanah Papua, John Betaubun saat menyapa siswa-siswi baru SMP YPK Arso 1 usai pimpinan apel pembukaan tahun ajaran baru, Kamis (20/07/2023) (Foto : Mustakim/suaraindonesia.co.id)

KEEROM, suaraindonesia.co.id – Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Tanah Papua sebagai lembaga pendidikan tertua di Bumi Cenderawasih memiliki komitmen besar dalam upaya membangun mutu SDM anak bangsa lewat dunia pendidikan.

“Tahun Ajaran Baru 2023/2024 YPK Tanah Papua terus berupaya melakukan peningkatan disemua bidang seperti, kualitas pendidikan yang didukung oleh kelengkapan sarana-prasarana dan kompetensi guru sehingga YPK dapat bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya," ujar ujar Ketua Badan Pengurus (BP) YPK Tanah Papua, John Betaubun saat memimpin upacara di SMKS YPK Betlehem Kampung Sanggaria Arso 1, Kamis (20/07/2023).

Pihaknya menekankan pentingnya tentang komitmen, kedisiplinan, dan keberanian dalam mengejar pendidikan yang bermutu. 

Upacara tersebut menurut John Betaubun merupakan momentum bagi YPK untuk terus bangkit dan maju bersama guna mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi emas dimasa yang akan datang.

"Suatu penghargaan bagi YPK atas pilihan dan kepercayaan orangtua untuk mempercayakan pendidikan putra-putrinya di sekolah YPK di seluruh Tanah Papua secara khusus Di Kabupaten Kerom," ungkap John.

“Saya mendorong para kepala sekolah harus mampu mengembangkan kompetensi, jangan rendah diri, harus berani merubah citra tentang sekolah YPK, kami senantiasa memberikan inovasi pembelajaran kepada para peserta didik melalui merdeka belajar, selalu mencari kurikulum perubahan baru untuk memberikan layanan yang terbaik kepada peserta didik khususnya dan masyarakat pada umumnya,” terangnya.

John meminta agar setiap sekolah dapat menyusun KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan), Rancangan Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang dilaporkan dan diketahui oleh BP YPK.

Dalam kesempatan itu, John juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dan pemerintah yang sudah menjadi mitra penting dalam pembangunan YPK Tanah Papua khususnya Bupati Keerom Piter Gusbager.

Dikesempatan yang sama Ketua YPK Kabupaten Keerom, Karel F. Mambay menyampaikan untuk mengawali pembukaan ajaran baru Tahun 2023/2024 BP YPK melakukan konsolidasi dengan mengunjungi wilayah masing-masing dan kali ini di Kabupaten Keerom.

“Selain menyambut tahun baru, ini merupakan bagian dari program dari BP YPK Tanah Papua Periode 2023-2028, kita di Keerom merupakan kunjungan kedua setelah Kota Jayapura. Tujuan dari agenda ini adalah untuk merapatkan barisan dan bergerak bersama membangun Pendidikan YPK,” ujarnya.

Menurut Karel F. Mambaya tren pendidikan YPK Tanah Papua khususnya Kabupaten Keerom setiap tahunnya mengalami peningkatan kualitas baik peserta didik maupun peserta didik di semua tingkatan yaitu SD, SMP dan SMA.

"Tentu hal ini tidak lepas dari upaya bersama jajaran YPK mulai dari tingkat pusat hinga ke daerah-daerah," ujarnya.

“Di-YPK kita mendorong pendidikan berkarakter, yang mana nilai-nilai kekristenan itu dipelajari dengan baik dan dijalankan dalam kehidupan bermasyarakat,” sambungnya.

Karel F, Mambay juga menambahkan bahwa Kabupaten Keerom dipilih menjadi pusat kegiatan dalam memasuki tahun ajaran baru dikarenakan bersamaan dengan perayaan HUT SMK Betlehem yang Ke-11, tepatnya 20 Juli 2023. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV